Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Rapid Test, Warga Brebes Positif Covid-19 Tambah Lima Orang

250

BREBES – Warga Kabupaten Brebes yang positif virus korona (covid-19) dari hasil rapid test bertambah lima orang. Kelima orang tersebut berasal dari Kecamatan Bantarkawung, yang merupakan satu rombongan jemaah kegiatan Ijtimah di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sehingga, kini total warga yang positif covid-19 dari hasil rapid test sebanyak 9 orang.

“Iya benar, ada tambahan lima warga Bantarkawung yang pulang dari Gowa, Sulsel dinyatakan positif dari hasil rapid test,” jelas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Bantarkawung, Eko Supriyanto, Senin malam (20/4).

Pria yang juga menjabat Camat Bantarkawung ini mengatakan, rapid test dilakukan di RSUD Bumiayu terhadap warganya yang diketahui memiliki riwayat pulang dari Gowa, Sulsel. Tercatat ada 32 orang di wilayahnya yang pulang dari Gowa untuk mengikuti kegiatan Ijtimah. Awalnya, rapid test dilakukan terhadap 4 orang dan hasilnya positif. Kemudian, dilakukan pemeriksaan rapid test lagi terhadap 5 orang dan hasilnya juga positif. Sehingga, saat ini sudah ada 9 orang.

“Kelima orang ini masih berada di RSUD Bumiayu, dan saat ini sedang persiapan menuju ke RSUD Brebes untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kami juga akan melakukan rapid test kepada warga lain,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono mengatakan, hasil rapid test itu bukanlah hasil akhir dari sebuah pemeriksaan terhadap Covid-19. Setelah rapid test, ada pemeriksaan lanjutan dengan swab dan itu akan dilakukan terhadap mereka yang hasil rapid testnya positif. “Rapid test ini hanya untuk screening. Bisa dikatakan positif negatifnya, setelah dilakukan pemeriksaan swab. Jadi kita akan lakukan pemeriksaan swab ini,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak empat warga Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes diketahui positif covid-19 dari hasil rapid test, Senin (20/4). Keempatnya merupakan jamaah yang pulang dari Gowa, Sulawesi Selatan.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA