Take a fresh look at your lifestyle.

Besok, Raperda RTRW Brebes Dimintakan Persetujuan DPRD

159
  • Setelah Kantongi Persub Kementerian ATR

BREBES – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Brebes, besok (11/10), akan diparipurnakan untuk mendapatkan persetujuan DPRD Kabupaten Brebes. Hal itu dilakukan menyusul telah mendapatkannya Persetujuan Subtansi (Persub) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Progres itu menjadi angin segar setelah hampir tiga tahun Raperda RTRW Kabupaten Brebes tak kunjung ditetapkan. “Alhamdulilah, setelah melalui proses panjang dan dilakukan perbaikan-perbaikan, Raperda RTRW yang kita buat sudah mendapatkan Persub dari Kementerian ATR. Setelah itu, Raperda ini akan diparipurnakan untuk meminta persetujuan DPRD,” ungkap Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Brebes, Agus As’ari, kemarin, usai rapat persiapan paripurna Raperda RTRW di DPRD Brebes.

Dia menjelaskan, dalam proses penetapan Raperda RTRW itu nantinya ada dua tahapan paripurna DPRD. Pertama, paripurna untuk meminta persetujuan DPRD, dan kedua paripurna untuk penetapan Raperda menjadi Perda setelah mendapatkan evaluasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah. Paripurna yang akan dilaksanakan pada 11 November besok (hari ini- red) dilaksanakan sebagai dasar untuk meminta evaluasi dari Mendagri melalui Gubernur. “Nah, setelah evaluasi ini turun dalam bentuk rekomendasi, baru digelar paripurna kedua untuk penetapan Raperda RTRW menjad Perda RTRW,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, proses pembahasan Raperda RTRW itu memang telah memakan waktu cukup lama. Untuk itu, pihaknya menargetkan Raperda harus sudah ditetapkan oleh DPRD di tahun 2019 ini. Jika melihat progres yang telah dicapai saat ini, pihaknya yakin raperda bisa ditetapkan dalam waktu dekat. Bahkan, sebelum bulan Desember nanti raperda sudah ditetapkan. “Kami optimistis maksimal tahun ini sudah ditetapkan, ini karena di tahun ini raperda harus sudah ditetapkan,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA