Take a fresh look at your lifestyle.

Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat Terpantau Stabil

154

PEMALANG – Harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional dan toko-toko modern terpantau stabil. Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang melakukan pemantauan harga kebutuhan tersebut dalam rangka menghadapi Lebaran 2020, baru-baru ini.

Tim gabungan dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda, Edi Eko Prihartanto terdiri atas Bagian Perekomian Sekda, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UMKM), Dinas Pertanian, Bappeda dan Dinas Kesehatan.

Kabag Perekonomian Fera Joko Susanto melalui Kasi Perekoniman Rizki Yuliawan mengatakan pemantauan harga dilakukan dengan mengambil sampel di Pasar Pagi Pemalang, Yogya Mall dan Swalayan Permai.

Beberapa pedagang di Pasar Pagi yang menjual kebutuhan pokok masyarakat didatangi tim gabungan untuk diwawancara mengenai harga. Petugas juga mengamati komoditas-komoditas yang dijual.

Sementara di Yogya Mall tim gabungan masuk ke gudang penyimpanan untuk mengetahui bagaimana keamanan komoditas yang dijual di mall tersebut. Tim juga memantau makanan dalam kemasan untuk memastikan label dan tanggal kedaluarsa. Demikian juga di Swalayan Permai tim mengamati daging yang dijual.

Kepala Dinas Pertanian, Muntohir melalui Kabid Peternakan, Joni mengatakan Dinas Pertanian bergabung dalam tim untuk memastikan daging yang dijual dalam kondisi aman untuk konsumsi masyarakat.”Namun demikian sebelumnya kami juga sudah melakukan pemeriksaan kepada 105 pedagang daging di delapan pasar,”kata Joni.

Dalam pemeriksaan kata dia ditemukan daging sapi yang mengandung cacing hati di wilayah selatan Pemalang. Daging kata dia berasal dari Purbalingga karena itu kepada pedagangnya diminta untuk tidak menjual daging tersebut sebaliknya memusnahkannya.

Temuan lain kata dia adalah daging ayan yang dipotong tidak sempurna yakni tiga saluran antara lain saluran nafas, udara dan makan tidak terpotong semua. Dinas selanjutnya mendatangi pemotongannya dan menyampaikan teguran.

Adapun saat bergabung dalam tim monitoring dan evaluasi harga kebutuhan poko masyarakat Pemkab Pemalang menurut Joni harga daging relatif stabil. Untuk harga daging sapi berkisar antara Rp 110-120 ribu/kilogram (kg) sedangkan daging ayam antara Rp 36-40 ribu/kg.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA