Take a fresh look at your lifestyle.

Hadiri Wisata Literasi, Bunda Baca Bella Ajak Kelurahan Membuat Buku Sejarah

181

TEGAL-Bunda Baca Kota Tegal Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon mengajak seluruh masyarakat menggalakan budaya literasi. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan dalam rangka Wisata Literasi Baca, Jumat (2/8).

Bunda Bella, sapaan akrab Roro datang didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK  Dyah Probondari, Penasehat PPT. Puspa Ratna Edy Suripno, dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Yusqon.

Dalam kesempatan itu turut didatangkan Motor Literasi (Moli) TBM Sakila Kerti dengan koleksi ratusan buku yang dikendarai Subur seorang calo bus yang aktif sebagai pegiat literasi.

Bunda Baca Bella mengatakan melalui Wisata Literasi Baca diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya membaca. Menurut dia, sekolah, kelurahan dan keluarga sebagai pusat pustaka sedikit sekali memberikan pemahaman tentang budaya membaca dan menulis.

Untuk itu, budaya literasi perlu digalakkan kembali. “Tidak hanya membaca sekali, dua kali tetapi baca baca dan baca,” kata dia.

Bella berharap kerja sama dengan forum pegiat literasi dan TBM untuk menerbitkan antologi puisi berbahasa Tegal dan Tegal Cerita Kelurahan juga bisa dilaksanakan.

Sehingga masing-masing kelurahan mengetahui dan memiliki nilai sejarah. Misalnya kenapa dinamakan Kelurahan Randugunting, Kejambon Debong Tengah, Slerok, dan kelurahan lainnya. Selain itu, masing-masing OPD menyediakan ruang baca dan ruang tulis.

Ketua FTBM Yusqon mengapreasiasi kegiatan Wisata Literasi Baca. Kegiatan tersebut bentuk sinergitas antara Pemkot Tegal, TBM dan pegiat literasi sehingga menghasilkan karya dan mutu yang lebih baik.

“Ini bentuk sinergitas antara Pemkot Tegal, TBM danpegiat literasi. Kalau ketiganya bersinergi tentu akan menghasilkan karya mutu yang lebih baik,” kata dia. Sementara kehadiran Moli, kata Yusqon juga akan terus turut mengawal wisata literasi baca.

“Karena diberikanya mtor literasi ke TBM Sakila Kerti untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak dan warga yang dikunjungi. Moli  ini bantuan dari Kemendikbud tahun 2018, di Hari Aksara Internasional,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Disdikbud Johardi, Kepala Dinas Kerasipan dan Perpustakaan M Affin,  para pegiat literasi, tim Penggerak PKK, masyarakat, siswa sekolah PAUD dan SD.  Berbagai penampilan seperti baca puisi dan pidato berbahasa Tegal memukau yang hadir. (Setya/RED)

BERITA LAINNYA