Take a fresh look at your lifestyle.

FKIP Gelar Webinar Darurat Covid19

275

PEKALONGAN– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar Webinar tentang Darurat Covid19 secara online. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sumbangsih atau pemikiran dari para pakar guna mencegah atau mengatasi pendemi global ini khususnya di Indonesia.

Dekan FKIP Unikal Fahrudin Eko Hardiyanto mengatakan, pandemi virus korona (covid-19) di dunia khususnya di Indonesia telah berdampak besar dari berbagai sisi seperti pendidikan, ekonomi dan sosial. Aturan wajib tinggal di rumah, tidak boleh berkumpul, tidak boleh bepergian, penutupan sekolah, memberikan tekanan mental bagi banyak orang.

“Untuk itu perlu adanya pemetaan permasalahan dan solusi agar pendemi ini segera berakhir. Karena dalam mengatasinya perlu dukungan atau gotong royong semua pihak,” katanya.

Dikatakannya, dalam Webinar yang membedah persoalan covid19 ini pihaknya menggandeng berbagai pemateri yakni, Rektor Unikal Suryani, Wakil Rektor III Unikal Benny Diyah Madusari mengulas tentang covid19 dari perspektif ketahanan pangan, Dekan Fakultas Farmasi Unikal Jamaludin Al Jef yang membahas dari perspektif imunitas dan spiritualitas.

“Lainnya adalah, Wakil Dekan I FKIP Unikal Susanto yang membahas tentang covid19 dilihat dari perspektif sosial humaniora dan Kaprodi Kesehatan Masyarakat FIK Unikal Vita Nur Latief dari perspektif edukasi dan promosi kesehatan,” terangnya.

Dari Webinar ini didapat beberapa pemetaan masalah seperti dunia pendidikan yang terlihat kurang kesiapannya sumber daya manusia hingga sarana prasarana untuk menunjang pembelajaran secara online hingga pengaruh ekonomi yang bisa saja berdampak pada kenaikan kejadian kriminalitas.

“Itu semua perlu dicarikan solusi agar Indonesia bisa segera keluar dari polemik ini. Salah satunya yakni menyediakan sarana internet bagi masyarakat untuk kemudahan sarana komunikasi maupun aktivitas sehari-hari mengingat saat ini sudah diberlakukan kerja dan belajar dari rumah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh warga Indonesia dalam melewati masa-masa sulit di tengah pandemi covid-19,” tandasnya. (Siti Masithoh/red11)

BERITA LAINNYA