Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Unsur Pimpinan DPRD Brebes Dilantik

160

BREBES – Dua unsur pimpinan DPRD Kabupaten Brebes resmi dilantik melalui rapat paripurna, Rabu (25/9). Mereka adalah M Taufiq dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPRD dan Wurja dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua DPRD. Selain itu, pelantikan juga dilakukan terhadap tiga anggota DPRD terpilih lainnya, yang belum mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai anggota DPRD periode 2019-2024.

Ketiga orang anggota DPRD terpilih yang mengikuti pelantikan susulan tersebut adalah Teguh Wahid Turmudi dari Partai Golkar, Zubad Fahilatah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nurudin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Proses pelantikan dan pengambilan sumpah, kali pertama dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Brebes Edi Saputra Palawi kepada M Taufiq sebagai Ketua DPRD dan Wurja sebagai Wakil Ketua. Kemudian, proses pelantikan kedua dilakukan Ketua DPRD Brebes yang baru kepada tiga orang anggota DPRD terpilih, yang belum mengikuti proses pelantikan. Mereka tidak ikut pelantikan yang dilaksanakan Agustus lalu karena dua orang tengan menunaikan ibadah haji dan seorang tengan melaksanakan tugas partai.

“Alhamdullilah pelantikan sumpah janji dua pimpinan DPRD baru sudah dilaksanakan. Mudah-mudahan Allah selalu menjaga para pimpinan, dan dalam mengemban tugas serta amanahnya pimpinan DPRD diberikan kemudahan,” kata Sekertaris DPRD Kabupaten Brebes, Komar.

Dia mengungkapkan, kedua unsur pimpinan dilantik atas dasar usulan dari masing-masing partai politik. Dimana, sesuai aturan partai politik dengan perolehan suara terbanyak berhak menduduki sebagai Ketua DPRD. Sedangkan partai politik dengan perolehan kursi terbanyak kedua, ketiga dan keempat berhak menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD. “Jadi, nantinya ada satu ketua DPRD dan tiga wakil ketua DPRD. Namun untuk saat ini baru dua unsur pimpinan yang dilantik. Bagi dua unsur pimpinan lainnya akan dilantik di kemudian hari,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dua unsur pimpinan DPRD yang belum dilantik itu naman-namanya sudah diusulkan oleh masing-masing partai. Mereka adalah Teguh Wahid Turmudi dan Zubad Fahillatah. Secara kebetulan, kedua orang tersebut saat ini juga baru mengikuti pelantikan susulan anggota DPRD. “Untuk pelantikan dua pimpinan DPRD lainnya, yakni Teguh Wahid Turmudi dan Zubad Fahillatah, masih menunggu rekomendasi SK dari Gubernur,”pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA