Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Setengah Jam Jadi Pembantu, Sikat Motor Majikan

215
HELLO KITTY : Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono SSTPi dan Kasat Reskrim AKP Agus Budi Yuwono SH MH, saat memeriksa tato bergambar ”Hello Kitty”, di tangan tersangka Nurul Aini, Kamis (30/1).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

* Pembobolan Mobil di RSIHA Terungkap
* Empat Tersangka Pencurian Dibekuk

TEGAL – Sat Reskrim Polres Tegal Kota, mengungkap tiga kasus pencurian, dengan berbagai modus operandinya yang cukup menarik. Salah satunya aksi nekat yang dilakukan Nurul Aini (20).

Warga RT 14 RW 4, Dusun Clincing, Desa Datar, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, yang baru dua setengah jam bekerja sebagai pembantu rumah tangga, nekat mencuri sepeda motor milik majikannya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, saat memberikan keterangan pers berkait pengungkapan tiga kasus pencurian.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

”Jadi saat majikannya pergi sama anggota keluarganya lainnya untuk makan malam, pembantu baru ini kemudian mencuri sepeda motor majikannya yang parkir di garasi rumah,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, didampingi Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono SSTPi dan Kasat Reskrim AKP Agus Budi Yuwono SH MH, Kamis (30/1).

Kasus itu berawal ketika korban Liana Dewi membutuhkan seorang pembantu rumah tangga, di rumahnya di Jl Brigjend Katamso, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Karena pembantu sebelumnya sedang izin tak bekerja, berkait ada urusan keluarganya yang tak bisa ditinggalkan.

Kasat Reskrim Polres Tegal Kota AKP Agus Budi Yuwono SH MH, saat menjelaskan kronologi kejadian dan penangkapan empat tersangka kasus pencurian.

Kemudian menghubungi lembaga penyalur tenaga kerja (LPTK) ”Vita”, untuk mendapatkan pembangu pengganti, pada Rabu (22/1). Sekitar pukul 16.30, Jumat (24/1), menerima kabar, sudah ada pembantu dimaksud.

Sekitar pukul 17.30 di hari yang sama, pembantu pengganti sudah diantarkan ke rumah korban. Pembantu itu bernama Nurul Aini (20).

Karena begitu percaya dengan pembantu yang direkomendasikan lembaga tersebut, korban akhirnya mau menerima pembantu itu untuk bekerja di rumahnya.

Menjaga Rumah

Kemudian sekitar pukul 20.00, korban bersama anggota keluarganya pergi ke luar rumah untuk makan malam. Pembantu baru itu diminta menjaga rumah.

Tapi justru kepercayaan majikannya disalahgunakan.
Saat sendirian di rumah tersebut, pembantu itu langsung nekat beraksi.

Sepeda motor Yamaha Mio Soul merah maron keluaran tahun 2010 nopol G-6703-FE milik majikannya dibawa kabur.

Aksi Nurul praktis tak ada halangan. Karena dia mendapatkan kunci sepeda motor yang masih terpasang di lubang kunci sepeda motor.

Kemudian STNK juga disimpang di dalam jok sepeda motor. Malam harinya ketika korban pulang ke rumah, mendapatkan rumah dalam keadaan tak terkunci.

Nurul pun sudah tak ada di rumah. Demikian juga sepeda motor korban dan STNK-nya sudah raib. Korban pun kemudian menghubungi LPTK untuk mencari keberadaan pembantu yang baru bekerja beberapa jam di rumahnya.

Karena tak kunjung ditemukan keberadaan pembantu tersebut, akhirnya kejadian itu dilaporkan ke Sentra Pelayanan Polisi Terpadu Mapolres Tegal Kota. Sat Reskrim yang menerima terusan laporan tersebut kemudian mengembangkan penyelidikan.

Hanya kurang dari 24 jam, sejak kasus itu dilaporkan, kemudian dapat diungkap. Pelaku yang tengah melintas di depan rumah korban, sekitar pukul 17.00, Sabtu (25/1) akhirnya dapat dicegat personel Sat Reskrim.

”Pelaku ini kami tangkap bersama dengan barang bukti sepeda motor yang dicurinya,” terang Kasat Reskrim Polres Tegal Kota AKP Agus Budi Yuwono SH MH, Kamis (30/1).

Pencurian Handphone

Kasus lainnya yang diungkap Sat Reskrim Polres Tegal Kota adalah, aksi pencurian handphone Vivo Y15 milik Fika Laraswati pada 20 Desember 2019.

Pelakunya adalah teman dekatnya yang dikenal lewat perkenalan di media sosial, Dede Kurniawal alias Iqbal. Tersangka dapat ditangkap bersama barang buktinya.

Sementara itu aksi kawanan pembobol mobil yang beraksi di halaman parkir Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda (RSIUHA) di Jl Ababil, Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, pada Selasa 3 Desember 2019, juga terungkap.

Aksi dua orang pencuri saat membobol mobil milik pengunjung rumah sakit itu, terekam kamera tersembunyi (CCTV).

Tim Resmob Satreskrim Polres Tegal Kota, yang mencermati ciri-ciri pelaku, akhirnya dapat menangkapnya di Jakarta Utara, pada Selasa (28/1/2020).

Dua pelaku yang ditangkap adalah dua orang kelahiran Palembang. Yakni Mediansyah (31), pria kelahiran Palembang dan tinggal di Jl Warakas V Gang XI, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kemudian Iwan Setiawan (40) warga Jl Kuta Pandan, Lingkungan I, Ogan Komering Ilir.

”Saat membobol pintu mobil Suzuki Carry 1000, menggunakan kunci T. Kemudian membawa kabur laptop dan memori eksternal dan dokumen penting lainnya,” terang AKP Agus Budi Yuwono SH MH.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA