Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Rekomendasikan Pemkot Meninjau Ulang Pemasangan Portal Alun-alun

TEGAL, smpantura.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, merekomendasikan Pemerintah Kota Tegal, untuk segera meninjau ulang kebijakan pemasangan portal menuju kawasan Alun-alun dan Jalan Pancasila.

Rekomendasi itu mengemuka, setelah DPRD Kota Tegal, menggelar audiensi dengan Paguyuban Pedagang Alun-alun Kota Tegal (P2KA2T) di Ruang Komisi I, Gedung DPRD setempat, Senin (6/12).

Dalam audiensi, sejumlah pedagang memprotes pemasangan portal stainless yang dilakukan tanpa sosialisasi. Mereka mengusulkan portal tersebut dibongkar, mengingat para pedagang dan warga sekitar Alun-alun, sulit untuk mendapatkan akses keluar masuk.

Menanggapi usulan itu, Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro bersama ketua fraksi dan komisi menyepakati untuk memberikan rekomendasi kepada Pemkot Tegal, agar segera meninjau ulang kebijakan pemasangan portal.

“Kami merekomendasikan Pemkot untuk meninjau ulang dan mengevaluasi pemasangan portal, karena dasar hukumnya tidak ada,” ujar Kusnendro.

Menurut Kusnendro, secara Undang-undang Lalu Lintas dan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Ruang, menunjukkan bahwa Alun-alun dan Jalan Pancasila merupakan kawasan jasa dan permukiman, bukan sebagai kawasan ruang publik.

Jika kawasan tersebut disiapkan menjadi ruang publik, lanjut Kusnendro, maka sarana dan prasarana harus dilengkapi, seperti di antaranya menyiapkan kantong-kantong parkir.

“Secara administrasi, aturan itu harus dibuat terlebih dahulu menjadi Perda, yang mewadahi bahwa area itu adalah ruang publik untuk masyarakat. Dimana pada jam-jam tertentu kendaraan tidak boleh melintas,” pungkasnya.

Ditambahkan Kusnendro, rekomendasi tersebut akan dikirimkan kepada Pemkot Tegal, melalui surat resmi dari Sekretariat DPRD. Adapun rekomendasi dibatasi hingga satu minggu ke depan.

“Jika dalam satu minggu tidak respon, maka kami akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Wali Kota Tegal,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA