Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Jateng Akan Setujui Anggaran Rp 2 Triliun Untuk Penanganan Covid 19

PEMALANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah akan mensetujui anggaran yang diajukan oleh Pemerintah Jateng untuk penangan Covid-19 dan dampak yang ditimbulkan dengan adanya wabah tersebut. Anggaran yang diajukan oleh Pemprov Jateng sekitar Rp 2 triliun, Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi Golkar, sekaligus Ketua Komjsi A, DPRD Jawa Tengah, Muhammad Soleh, saat di Pemalang, baru baru ini.

“Sesuai dengan permintaan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bahwa untuk penanganan virus Covid-19 akan dialokasikan anggaran sekitar Rp 2 triliun. Dari Dewan provinsi akan mensetujuinya, dimana anggaran tersebut untuk penangan Covid-19 maupun pascanya, anggaran tersebut juga termasuk untuk pemberian tunjangan pada tenaga medis di Jawa Tengah.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar bantuan dari pemerintah bisa tepat sasaran pada masyarakat yang berhak menerimanya. Dengan adanya wabah virus Covid-19 membawa dampak besar bagi masyarakat, dimana banyak muncul pengangguran, sebab adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dengan adanya PHK dimana mana otomatis akan melahirkan angka kemiskinan baru, hal itu harus diatasi oleh pemerintah, agar tidak terjadi gejolak. Pemerintah daerah harus melakukan pendataan ulang apabila akan dilakukan penyaluran bantuan jaring pengaman sosial. Pihaknya akan ikut mendorong agar penyaluran bantuan tersebut bisa tepat sasaran. Pemrov saat ini masih meminta data dari Kabupaten Kota yang akan diberi bantuan, sebab data penerima yang memiliki daerah masing masing. Kabupaten maupun Kota di Jawa Tengah tidak bisa menggunakan data yang lama, sebab sekarang ini warga miskin baru banyak khususnya yang terdampak Covid-19. Pihaknya tidak mau terburu buru, dalam menyalurkan bantuan, sebab data terbaru harus selalu diupdate, agar bantuan yang diserahkan bisa tepat sasaran.

“Anggaran yang mencapai Rp 2 triliun tersebut, untuk penanganan Covid-19 sendjri, dan untuk pasca Covidnya. Dengan anggaran tersebut diharapkan bisa membantu untuk meringankan beban masyarakat, baik tenaga medis. maupun orang terdampak wabah,” tandasnya.

Ia mengatakan, pada masyarakat di Jawa Tengah untuk selalu mentaati himbauan dari pemerintah. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dan mencegah penularan virus Covid-19. Masyarakat harus selalu menerapkan pola hidup sehat, dan bersih yaitu salah satunya rajin mencuci tangan dengan sabun. Selalu menerpakan social distancing, apabila keluar rumah harus menggunakan masker. Apabila tidak ada hal yang penting dan mendesak usahakan tetap di rumah, sebab dengan cara tersebut penularan virus Covid-19 bisa dihindari. (Joko Widodo/Red_03)

BERITA LAINNYA