Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Beri Empat Rekomendasi LKPj Bupati Brebes

143

BREBES – DPRD Kabupaten Brebes secara resmi menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Brebes tahun anggaran 2019, pada rapat paripurna di gedung DPRD, Senin (1/6). Meski telah disetujui, tetapi lembaga wakil rakyat tersebut memberikan empat rekomendasi terhadap LKPj Bupati Brebes tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Brebes, Moh Taufiq melalui Wakil Ketua DPRD, Wurja mengatakan, poses pembahasannya terkait LKPj Bupati Brebes tahun 2019, telah dilaksanakan oleh empat Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD. Dari hasil pembahasan masing-masing Pansus tersebut hasilnya diparipurnakan, dan ada empat rekomendasi yang disampaikan kepada Bupati Brebes, terkait LKPj tersebut. Di antaranya, di bidang pendidikan, pembangunan, pemerintahan dan perekonomian. “Hari ini kami melakukan paripurna terkait LKPj Bupati tahun 2019 yang telah dibahas oleh Pansus. Selain menyetujui, kami juga memberikan beberapa rekomendasi untuk dilaksanakan Bupati Brebes, agar kedepan Brebes bisa lebih baik,” terangnya usai rapat Raripurna DPRD Brebes.

Dia menjelaskan, dari empat rekomendasi yang diberikan tersebut, di bidang pendidikan misalnya, DPRD memberi catatan terkait kurang pemerataannya tenaga guru atau pengajar yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam proses penempatannya. Maksudnya, saat ini masih belum merata penempatan guru yang berstatus ASN di sekolah. “Hingga kini, kami masih banyak menemui sekolah dasar yang guru berstatus ASN hanya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, sedangkan guru lainnya masih berstatus honorer,” katanya.

Di bidang pembangunan, lanjut dia, DPRD memberikan rekomendasi terkait pembangunan yang juga belum merata. Hingga kini, masih banyak jalan-jalan desa yang belum penuhi sesuai harapan masyarakat. Kemudian di bidang perekonian, menyoroti masih simpang siurnya data warga kurang mampu atau miskin di Kabupaten Brebes, dan ternyata masih menggunakan data lama. Padahal data tersebut digunakan sebagai acuan dalam penanganan bantuan sosial, sehingga bantuan yang diberikan masih kurang tepat sasaran. Terakhir menyangkur bidang pemerintahan, DPRD memberikan rekomendasi terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang perlu ditingkatkan. “Kami berharap empat rekomendasi yang diberikan ini, bisa segera dilaksanakan Bupati Brebes. Sehingga, kedepan lebih baik, apalagi Brebes sekarang sudah menyandang status opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah,” jelasnya.

Sementara Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, melalui rapat paripurna, DPRD telah menyetujui LKPj tahun 2019 yang telah disampaikan. Dengan persetujuan itu, akan membawa semangat untuk membangun Brebes kedepannya. Apalagi, Brebes juga telah mendapatkan status opini WTP dari BPK perwakilan Jawa Tengah. Hal itu juga akan membawa semangat dalam pengelolaan keuangan agar lebih transparan, dan akan dipertahankan. Di sisi lain, adanya prestasi itu bonus berupa Dana Intensif Daerah (DID) dapat digunakan untuk membangun dan memberikan layanan lebih baik. Sedangkan untuk rekomendasi DPRD, tentunya akan dilaksanakan sebaik mungkin. “Alhamdulilah, melalui paripurna ini LKPj Bupati Brebes tahun 2019 telah dinyatakan disetujui,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA