Take a fresh look at your lifestyle.

Ditemukan Makanan Mengandung Formalin dan Rhodamin B

SLAWI- Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal masih menemukan makanan mengandung bahan berbahaya seperti bahan pengawet dan pewarna pakaian saat melakukan pengawasan makanan di pasar tradisional.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal M Amin Maskur, pada 19-20 Mei lalu, Dinkes melakukan pengawasan makanan  di pasar tradisional dan toko modern. Yakni di Pasar Trayeman Slawi, Pasar Pepedan Dukuhturi, Pasar Banjaran Adiwerna, Swalayan Mutiara Cahaya Slawi, Toserba Yogya Slawi dan Lotte Adiwerna.

“Dalam pengawasan makanan itu, petugas mengambil 22 sampel makanan. Dari sampel makanan yang diambil, tiga sampel diantaranya sudah diketahui hasil laboratoriumnya,”jelas Amin.

Yakni, teri mengandung formalin, kue putri ayu dan kembang pacar mengandung pewarna tekstil Rhodamin B.Teri mengandung formalin dijual di Pasar Trayeman itu diketahui produk dari Kota Tegal.

Amin mengatakan, pengawasan makanan  rutin dilakukan setiap menjelang lebaran oleh Dinkes dan OPD lain. Namun, kali ini hanya dilakukan oleh Dinkes.

Dengan adanya pandemi Covid-19, pengawasan makanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Staf  Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, Toipah menyebutkan, dalam kegiatan itu, dilakukan uji  terhadap sampel makanan menggunakan tes kit, meliputi tes formalin, rhodamin b, borax dan auramin.  Ditambahkan, selain diuji dengan tes kit, sampel makanan tersebut juga diuji laboratorium.

“Selain mengambil sampel makanan di pasar, petugas  juga mengambil sampel makakan kemasan, parcel yang dijual di swalayan. Kondisinya masih bagus, tidak ada yang kedaluarsa, dan ada ijin edarnya,”terang Toipah.

Dalam kegiatan itu, petugas sekaligus memantau penerapan protokol kesehatan di pasar maupun swalayan. Toipah menyebutkan, pihaknya masih menjumpai swalayan yang belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan , seperti tidak melakukan pemeriksaan suhu terhadap pengunjung.

Meski demikian, sudah menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun , mewajibkan pengunjung dan pegawai menggunakan masker serta  jaga jarak di kasir. (Sari/Red-06)

 

BERITA LAINNYA