Take a fresh look at your lifestyle.

Dirumahkan, Puluhan Pengasong Terminal Tegal Dibantu Sembako

198

TEGAL – Sejumlah pengasong yang belajar di Sekolah Terminal Kota Tegal menerima bantuan paket sembako, Rabu (22/4) siang. Mereka mendapat bantuan saat menjalani proses belajar mengajar dan bekerja sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

Pengelola Sekolah Terminal Kota Tegal, Dr Yusqon menyebutkan, penerima bantuan merupakan siswa yang juga pedagang asongan di lingkungan Terminal. Mereka diberi bantuan berupa paket sembako yang dapat dimanfaatkan selama PSBB berlangsung.

Sebab, kata Yusqon, selama pandemi Covid-19 penghasilan pengasong yang juga siswa Sekolah Terminal menurun drastis. Terlebih, dari sekitar 50 siswa, hanya separuh saja yang baru mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

“Tidak ada penghasilan, tetapi mereka rajin bekerja dan masih mau belajar serta membaca. Dari separuh yang belum mendapat bantuan itu, kita alokasikan mandiri,” ungkap Yusqon kepada SMpantura, Jumat (24/4).

Saat penyaluran bantuan, pihak pengelola juga menghimbau kepada para siswanya untuk ikut menyukseskan PSBB. Diantaranya yakni dengan tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak mendesak.

“Rencananya, Jumat pekan depan kami akan menyalurkan bantuan kembali untuk mereka. Karena masih dalam masa PSBB, bantuan kita yang antar ke rumah masing-masing,” pungkasnya.

Sementara, salah seorang pengasong, Titin (50) mengaku senang telah diperhatikan dan mendapat bantuan. Mengingat beberapa pekan ini tidak ada bus maupun angkutan yang masuk ke Terminal Tegal. Padahal, dirinya hanya menggantungkan pendapatan dari para pengunjung.

Hal senada dikatakan Eka (48) yang merupakan warga Kelurahan Sumurpanggang. Dirinya menyatakan mendukung PSBB dan siap berada di rumah saja. Terlebih, kebutuhan hidupnya telah dipenuhi dan dijamin pengelola Sekolah Terminal.

“Alhamdulillah tetap tenang meski di rumah, karena dari Sekolah Terminal telah memberikan support kepada kami,” tandasnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA