Take a fresh look at your lifestyle.

Dinsos Mulai Verval Data Penerima PBI

181

TEGAL  – Pemkot Tegal melalui Dinas Sosial (Dinsos) mulai melaksanakan verifikasi dan validasi (verval) data Peserta Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota Tegal Tahun 2019. Kegiatan tersebut berlangsung dari 1 Agustus – 9 September 2019 mendatang.

Menurut Kepala Dinsos, Dyah Kemala Shinta, tujuan dari verval untuk mendapatkan data PBI APBD yang valid, sehingga bisa tepat sasaran dan tepat anggaran. Selama ini Kota Tegal memberikan pendampingan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan pembiayaan melalui PBI APBD sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2018, namun belum pernah dilaksanakan verval. Padahal dalam kurun waktu tersebut diyakini ada perubahan peserta PBI APBD. “Dengan dilakukan verval akan diketahui apakah orang masih berhak menerima atau tidak, sudah pindah atau belum, sudah meninggal atau belum, masih layak menerima PBI APBD atau tidak,” katanya.

Kabid Rehabilitas Bantuan Sosial dan Perlindungan Sosial, Endah Pratiwi didampingi Kasi Perlindungan Jaminan Sosial, Tety Kirnawati menambahkan, apabila hasil verval tidak layak menerima maka akan dicoret. Dari total data peserta PBI APBD Kota Tegal sebanyak 33.331 orang, petugas akan mendatangi satu persatu rumah peserta penerima PBI APBD.

Pada proses verval tersebut, pihaknya menerjunkan 27 orang untuk masing-masing kelurahan dan 4 orang TKSK. “Kami berharap data yang disajikan benar dan update, sebab data tersebut nantinya akan menjadi acuan pemberian bantuan BPJS untuk warga miskin,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut,
Dinsos Kota Tegal juga telah mengadakan pelatihan bagi petugas verval pada, Senin-Rabu, 29 – 31 Juli 2019. Yakni, dengan narasumber dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kemensos RI, Dinkes Kota Tegal dan Dinas Sosial Kota Tegal.(Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA