Take a fresh look at your lifestyle.

Dikbud Kabupaten Tegal Wajibkan Pengumunan Kelulusan dan PPDB Via Online

202

SLAWI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal mewajibkan seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tegal menggunakan via online untuk pengumunan kelulusan dan pendaftaran Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19. Sementara itu, Tahun Ajaran Baru tetap akan dimulai pada 13 Juli 2020 dan PPDB dilaksanakan pada bulan Juni 2020.

“Pada kondisi darurat Covid-19 ini, proses pengumuman kelulusan tidak bisa dilakukan seperti biasanya, yaitu sekolah mengundang orang tua siswa untuk hadir ke sekolah dalam rangka pengambilan pengumuman kelulusan putra-putrinya,” kata Kepala Dikbud Kabupaten Tegal, Akhmad Wasy’ari SPd MM, Kamis (4/6).

Kondisi tersebut, lanjut dia, Dikbud menginstruksikan kepada seluruh SD dan SMP untuk melaksanakan proses pengumuman kelulusan melalui media online. Peserta didik atau orang tua siswa tidak perlu hadir ke sekolah untuk mengambil pengmuman kelulusan, dan cukup dengan mengakses lewat website sekolah-sekolah. Peserta didik juga bisa mengunduh surat keterangan kelulusan dan surat keterangan nilai rapor 5 semester terakhir, sebagai syarat peserta didik untuk mendaftar pada jenjang pendidikan atasnya.

“Kami menekankan agar proses PPDB 2020 dilakukan secara daring atau online. Jadi, tidak menimbulkan kerumunan banyak orangtua dan siswa di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, mendasari Siaran Pers Nomor 117/A6/Sipres/V/2020, telah menetapkan petunjuk teknis PPDB Tahun 2020 di wilayah masing-masing. Dan penting untuk ditekankan, di samping menetapkan zona (berdasarkan desa), kuota, dan jalur PPDB, pedoman teknis tersebut juga harus mengatur tata cara PPDB di masa darurat Covid-19. PPDB online adalah sistem yang dirancang untuk mengelola pendaftaran siswa baru jenjang TK, SD, SMP mulai dari proses daftar, seleksi, hingga pengumuman hasil dilakukan secara online di rumah. Artinya, orangtua dan calon peserta didik tak perlu lagi datang ke sekolah. Hal itu juga sesuai dengan Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

“Petunjuk pelaksanaan PPDB online harus yang benar-benar jelas, gamblang, dan mudah dipahami dalam teknis atau mekanisme pendaftaran. Ini agar orangtua siswa atau siswa tidak mengalami kesulitan atau kebingungan saat mengikuti proses pendaftaran yang membuat mereka pada akhirnya harus datang langsung ke sekolah,” kata Wasy’ari.

Ditambahkan, sosialisasi terkait pengumuman kelulusan dan PPDB tahun 2020 telah dilaksanakan oleh Dikbud Kabupaten Tegal beberapa kali. Terakhir, Dikbud meyosialisasi teknis pengumuman kelulusan dan PPDB Tahun 2020. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA