Take a fresh look at your lifestyle.

Cukupi Kebutuhan Hidup, Guru PAI Jualan Kurma

161

TEGAL – Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Ma’mur Nikmah Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Sholichudin menerima santunan program Sahabat Guru Indonesia (SGI) dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal (28/4). Program tersebut merupakan bentuk kepedulian para donatur yang menyalurkan melalui ACT kepada para guru yang selama ini mendapatkan penghasilan minim.`

Sejak dirumahkan selama dua bulan ini Sholichudin masih bersyukur gajinya tetap dibayar oleh pihak sekolah. Dia telah mengabdi 8 tahun dengan penghasilan yang diterimanya tidak lebih dari lima ratus ribu rupiah. Namun keinginannya menjadi seorang guru menjadi motivasi yang kuat untuk tetap bertahan. Demi memenuhi kebutuhan hidup yaitu anak dan istrinya maka Sholichudin membuka warung kelontong untuk menambah penghasilan. Khusus sejak dirumahkan selama pandemi corona karena warungpun juga mulai sepi pembeli, iapun mencari penghasilan tambahan dengan berjualan kurma. Kurma dia ambil dari temannya dan akan dia bayarkan apabila telah laku.

Kurma tersebut selain dijajakan di warungnya, Sholichudin juga kadang mengirimkan kepada pembeli sesuai pesanan. “Dimasa pandemi ini penjualan kurma juga menurun tetapi setidaknya masih ada yang laku sehingga masih ada pemasukan tambahan”, katanya.

Kepala Cabang ACT Tegal Siswartono menyampaikan bahwa sebenarnya masih banyak guru yang kurang beruntung, mereka sudah mengabdi bertahun-tahun mencerdaskan anak didik tetapi penghasilannya sangat minim sekali. “Pak Sholichudin hanya satu contoh dari sekian banyak guru yang berpenghasilan rendah. Penghasilannya masih sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dedikasi para guru ini perlu mendapat perhatian lebih dari kita semua”.

Untuk itu ACT mengajak para dermawan agar bisa menunaikan zakatnya melalui program-program ACT salah satunya Program Sahabat Guru Indonesia ini. Dengan harapan bisa membantu lebih banyak guru menerima santunan program SGI, maka harus lebih banyak pula donatur yang menunaikan zakatnya melalui ACT. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA