Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Tegal Sosialisasi Maklumat Kapolri

172

SLAWI- Mencegah penyebaran virus Korona atau Covid-19, Polres Tegal melakukan sosialisasi Maklumat Kapolri kepada masyarakat.

Sesuai Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 , masyarakat diajak mematuhi kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Korona.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang mengatakan, pihaknya telah melakukan pembagian dan penempelan Maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan pencegahan dan penyebaran virus Korona (Covid-19) di Mapolres Tegal dan  tempat-tempat  keramaian.

Sosialisasi   di tempat  keramaian Senin (23/3) kemarin dilaksanakan   Kabagops Polres Tegal AKP Aries Heriyanto, Kasat Binmas AKP Ahmad Mujahid dan Kasubag Humas AKP Supratman dengan  mendatangi Ruko Slawi, Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa), Pasar Trayeman, Pasar Banjaran dan Pasar Pesayangan. Sosialisasi dilaksanakan menggunakan dua kendaraan binluh Polres Tegal.

Di Ruko Slawi, Kabagops AKP Aries Heriyanto mengajak warga untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan menghindari tempat-tempat keramaian. Selain itu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir setiap akan beraktivitas atau memegang benda.

Aries  juga mengimbau warga tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri. Seperti pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran Kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Tidak mengadakan kegiatan konser musik, pekan raya, festifal, bazaar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga, kegiatan olah raga, kesenian dan jasa hiburan.  Disamping itu, unjuk rasa, pawai dan karnaval.

Warga juga diimbau tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti Informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Jangan menyepelekan virus ini. Sekali lagi mumpung belum terkena, masing-masing jaga diri,”seru Aries kepada warga di Ruko Slawi.

Aries menekankan kepada para orangtua untuk mengawasi anak-anaknya, yang saat ini sedang belajar mandiri di rumah.

“Sekali lagi jaga anak-anak. Jangan dilepas di tempat-tempat keramaian seperti main PS. Ini demi menyelamatkan mereka,”sebutnya.

Kasat Binmas Polres Tegal AKP Ahmad Mujahid menyebutkan, melihat situasi penyebaran Covid-19 di dunia dan di Indonesia, sudah seharusnya warga mematuhi kebijakan pemerintah. Hal ini mendasari pada Surat An Nisa ayat 59, agar menaati Allah, Rasul dan ulil amri (pemimpim).

Mujahid mengatakan, Maklumat Kapolri juga disosialisasikan ke  pondok pesantren di Kabupaten Tegal.

“Ponpes diimbau menghentikan pengajian umum maupun kegiatan mengajar yang berpotensi mengumpulkan massa, kecuali melaksanakan shalat berjamaah. Tentunya dengan menyiapkan antiseptik atau sabun cuci tangan,”imbuhnya.

Dari informasi yang diterimanya, sejumlah pengajian yang rutin dilaksanakan telah dihentikan. Diantaranya pengajian rutin Senin malam Majelis Ababul Mustofa pimpinan Habib Mahdi , Kaligayam Talang.

“Kemudian pengajian Majelis Darul Nadir Al Barokat pimpinan Habib Reza , Tegalwangi, Talang juga dihentikan untuk sementara,”imbuhnya.

Pada sosialisasi di Ruko Slawi , Kasat Binmas mengajarkan cara cuci tangan yang benar kepada salah seorang petugas parkir . Dia mengapresiasi petugas parkir yang telah  membawa hand sanitizer.(Sari/Red-06)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA