Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Hipertensi dengan Memanfaatkan Tanaman Lokal

181

PEMALANG – Tim Dosen Universitas Diponegoro dan mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Karangdawa, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya peningkatan pencegahan penyakit tidak menular melalui pemberdayaan kader di desa tersebut.

“Salah satu penyakit tidak menular yang banyak terdapat pada masyarakat Desa Karangdawa yaitu hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi. Di Indonesia terdapat sekitar 25.8% kasus penyakit hipertensi, pada kegiatan ini dilakukan pemeriksaan tekanan darah kepada warga dan juga dilakukan sosialisasi upaya pencegahan penyakit hipertensi,” ujar Wenta Chris Omega Manik, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, baru baru ini.

Dia mengatakan, dari hasil pemeriksaan menunjukkan sebagian besar warga Desa Karangdawa mempunyai tekanan darah yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan sebagian besar masyarakat di desa tersebut terindikasi memiliki penyakit hipertensi. Berbagai factor risiko hipertensi antara lain umur, jenis kelamin, riwayat penyakit hipertensi pada keluarga, factor genetic, kebiasaan merokok, konsumsi garam yang berlebih, konsumsi lemak, obesitas serta stress. Pada kegiatan ini disampaikan berbagai upaya pencegahan hipertensi melalui konsumsi makanan-makanan yang berasal dari tanaman obat keluarga (ToGa). Salah satu salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk pencegahan penyakit hipertensi yaitu daun pohon rambutan.

“Desa Karangdawa merupakan salah satu desa penghasil buah rambutan di Kecamatan Warungpring, sehingga dapat dengan mudah ditemukan pohon rambutan di sekitar rumah warga. Berdasarkan berbagai penelitian diketahui bahwa daun rambutan memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah,” tandas Nissa Kusariana, selaku Ketua Tim Pengabdian Undip.

Ia mengatakan, daun rambutan dapat dikonsumi melalui air rebusannya sehingga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Penyakit Hipertensi tidak dapat disembuhkan, namun setiap orang dapat mencegahnya. Salah satu langkah yang bisa mengotrol tekanan darah diantaranya dengan melakukan perubahan perilaku seperti aktif berolahraga, tidak stress. Hal yang tidak kalah penting yaitu memperbaiki pola konsumsi makanan. Selain itu peran keluarga sangat penting dalam mengurangi risiko penyakit hipertensi pada anggota keluarga.(H77/Red_03)

BERITA LAINNYA