Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Tinjau Infrastruktur Pertanian di Tonjong

Program Pertanian Terpadu Rp 150 Miliar

195

BUMIAYU- Bupati Brebes Idza Priyanti meninjau kondisi sejumlah infrastruktur pertanian di Kecamatan Tonjong, Rabu (12/2) sore.

Peninjauan dilakukan guna menindaklanjuti bantuan kementerian pertanian sebesar Rp 150 miliar. Dana itu untuk pengembangan sistem pertanian terpadu di lahan kering (dry land).

Infrastruktur yang ditinjau tersebut diantaranya Bendung Tanggeran dan Irigasi Wungkal Bale (Desa Tanggeran), Bendung Igirsempu, Bendung Wadas Ancol (Desa Negarayu), Bendung Tanjung (Desa Purwodadi), Bendung Larangan (Desa Karangjongkeng).”Beberapa infrastruktur tadi dilaporkan rusak. Hari ini (kemarin), kita cek lapangan untuk melihat langsung kondisinya,” kata bupati

Menurut bupati, hasil tinjauan akan diinventarisir dan dibuat skala prioritas untuk selanjutnya diusulkan ke Kementerian Pertanian.”Kita catat semuanya. Nanti kita sesuaikan mana yang sangat mendesak,” ujarnya.

Tinjauan infrastruktur pertanian akan dilakukan di 17 kecamatan. Sasarannya tidak hanya bendung dan irigasi, tapi juga meliputi jalan usaha tani, alat mesin pertanian hingga pemasaran produk pertanian.”Jadi bantuan pada 2020 dari Kementerian Pertanian ini untuk memperbaiki kawasan pertanian dari hulu hingga hilir. Semoga pertanian kita dapat lebih baik, dari panennya sekali menjadi dua dan seterusnya,” tuturnya.

Sementara Ketua P3A Tonjong Jawawi berharap kerusakan bendung dan irigasi bisa menjadi prioritas untuk ditangani. Sebab keberlangsungan sektor pertanian sangat bergantung pada kondisi bendung dan irigasi.

Dia mencontohkan Bendung Tanggeran dan Irigasi Wungkal Bale yang bermanfaat untuk pengairan 450 hektare sawah.”Ratusan hektare ini tersebar di empat desa yaitu Tanggeran, Purwodadi, Pepedan dan Karangjongkeng,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA