Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Brebes Pantau Pencairan BTS Kemensos, di Brebes Bagi 58.054 KK

264

BREBES – Bantuan Tunai Sosial (BTS) dari Kementerian Sosial (Kemensos), bagi sebanyak 58.054 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Brebes mulai dicairkan. Bantuan berupa uang senilai Rp 600.000 per KK selama tiga bulan itu, disalurkan bagi KK kurang mampu yang terdampak pendemi virus korona (Covid-19). Bahkan, Bupati Brebes Idza Priyanti memantau langsung proses pencairan bantuan yang dilaksanakan di Kantor Pos Brebes tersebut, kemarin.

“Saat ini bantuan tunai sosial mulai dicairkan. Alhamdulilah prosesnya berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan,” ujar Idza Priyanti yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Brebes, disela-sela pemantauannya.

Idza menjelaskan, total penerima BTS Kemensos di Brebes ada sebanyak 58.058 KK. Para penerima bantuan merupakan warga terdampak Covid-19. Bantuan tersebut akan disalurkan selama tiga bulan terhitung mulai April hingga Juni mendatang. “Pencairan kali ini untuk penyaluran bulan April kemarin. Untuk bantuan bulan Mei akan disalurkan pada akhir Mei, dan untuk Juni diberikan pada bulan Juni,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, para penerima bantuan tersebut merupakan keluarga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Proses pencairannya dapat dilakukan di kantor pos dan bank yang ditunjuk dalam program tersebut. Bagi warga yang belum mendapatkan bantuan dari Kemensos itu masih ada program bantuan tunai yang bersumber dari dana desa. Besarnya dan lamannya bantuan yang diberikan juga sama, Rp 600.000 per KK selama tiga bulan. “Bantuan dari desa ini, khusus bagi warga yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos ini,” sambungnya.

Sementara Kepala Kantor Pos Brebes, Omay Gunawan mengatakan, tidak semua pencairan BTS Kemensos bagi warga terdampak pandemi Covid-19 di lakukan di kantor pos. Dari sebanyak 58.054 KK penerima bantuan tersebut, yang proses pencairannya melalui kantor pos hanya sebanyak 50.943 KK. Sedangkan sisanya sebanyak 7.111 KK pencairannya melalui kantor bank yang ditunjuk. “Total pencairan bantuan yang dilakukan di kantor kami hanya 50.943 KK dari sebanyak 58.054 KK penerima di Brebes,” ungkapnya.

Dia menambahkan, proses pencarian BTS di kantor pos Brebes sistemnya dengan penjadwalan sesuai wilayah. Misalnya, di hari pertama pencairan dilakukan untuk warga penerima yang berasal dari Kelurahan Gandasuli sebanyak 388 KK. Kemudian, Desa Banjaranyar sebanyak 312 KK, tetapi baru tercaikan 271 KK. Selanjutnya, bergilir kelurahan/ desa lain yang ada di Kecamatan Brebes. “Mekanismenya, para penerima ini yang akan mengambil sudah mendapat surat pemberitahuan melalui desa atau kelurahan. Kemudian, mereka datang ke kantor pos dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Jadi, boleh diwakilkan pengambilannya oleh orang yang ada dalam KK itu,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA