Take a fresh look at your lifestyle.

BRI Cabang Slawi Bangun Ekosistem Desa

SLAWI, smpantura.com – Kantor Cabang (Kanca) BRI Slawi, Kabupaten Tegal menggelar acara Business Gathering Ekosistem Desa dengan tema ‘Sinergi Bersama BRI dari Desa Bangun Indonesia’ di Grand Dian Hotel Slawi, Selasa (12/1). Sinergitas BRI dengan desa itu dilakukan dalam rangka menciptakan hubungan baik dan pengembangan potensi desa.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tegal dr Hendadi Setiadi yang mewakili Bupati Tegal, Kepala Dispermades Kabupaten Tegal Dessy Arifianto, Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Pasar Kabupaten Tegal Suspriyanti, dan paguyuban Kades se-Kabupaten Tegal.

Pemimpin Kanca BRI Slawi, Sunarto mengatakan, tujuan kegiatan Gathering Ekosistem Desa tersebut untuk menjalin hubungan yang baik dengan desa, dimana dalam ekosistem desa tersebut terdiri pemerintah dan masyarakat desa, serta klaster usaha yang terhubung dan mendukung satu dengan yang lain untuk menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan pada suatu desa.

“Selain itu, tujuan yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara BRI dan UMKM, dimana UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia,” katanya.

Menurut dia, peran BRI dinilai sangat luar biasa bagi perkembangan ekonomi untuk desa dan UMKM. Hal itu dibuktikan dengan kuncuran dana program Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk usaha mikro di tahun 2021 mencapai Rp 800 miliar. Kondisi itu tidak lepas dari peran serta kades dalam mendukung program tersebut.

“Dengan layanan BRI hingga pelosok desa, kami akan menciptakan Desa BRILian untuk mendongkrak ekonomi dari desa,” katanya.

Program Desa Brilian, lanjut dia, adalah desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Mulai dari BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI, aspek inovasi sebagai desa kreatif yang memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Selain itu, sustainability sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui sektor usaha unggulan desanya.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan desa yang menginspirasi untuk memajukan desa dan BUMDes,” ujar Sunarto.

Tujuan lainnya, kata dia, sebagai bentuk penghargaan yang akan menampilkan desa yang berkepedulian sosial, menggerakan perubahan, dan berperan inovatif memotivasi orang di sekitarnya untuk maju. Selain itu, menyebarluaskan informasi pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan oleh BRI atau influencer BRI, dan memperkuat posisi BRI sebagai bank yang peduli kepada desa dan masyarakat desa.

“BRI juga mendorong sebagai salah satu tools mantri dalam membina dan mendekatkan diri kepada seluruh komponen masyarakat di desa,” terangnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tegal dr Hendadi Setiadi yang membacakan sambutan Bupati Tegal menuturkan, sebagai mitra pemerintah, BRI Cabang Slawi memiliki peran dan fungsi yang sangat besar dalam pembangunan di Kabupaten Tegal. Kehadiran lembaga keuangan BRI memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih dalam kondisi ekonomi yang masih terdampak pandemi.

“Saya berharap BRI tetap eksis dan berkomitmen memajukan dan mengoptimalkan serta mengembangkan ekosistem desa yang terdiri dari masyarakat desa, pemerintah desa, BUMDes serta UMKM yang saling terhubung dan mendukung satu dengan yang lain sebagai pilar ekonomi desa dan mendukung proses bisnisnya yang berkesinambungan,” bebernya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA