Take a fresh look at your lifestyle.

Brebes Diguncang Gempa Tektonik, Ini Penjelasan BMKG

267

BREBES – Wilayah Kabupaten Brebes pagi tadi, Senin (8/6), sekitar pukul 05.50 diguncang gempa tektonik berkekuatan 2,9 Magnitude. Pusat gempa berada di 7.12 LS – 108.83 BT 35 KM Baratdaya Brebes-Jateng.

“Betul mas (telah terjadi gempa bumi di Brebes) tadi pagi dengan 2.9 Magnitudo, dengan kedalaman 181 KM. Insyallah tidak berbahaya. Namun untuk lebih jelasnya, bisa kontak ke BMKG Banjarnegara, karena di sana kewenangan terkait gempa bumi,” kata Prakirawan BMG Tegal, Hendy, dihubungi melalui telepon.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara mengatakan, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, jika gempa bumi tersebut tidak dirasakan dan tidak berpotensi tsunami. Gempa itu terjadi karena adanya aktivitas sesar baribis kendheng segmen Brebes. “Memang gempanya tidak dirasakan. Penyebabnya akibat adanya aktivitas sesar baribis kendheng segmen Brebes,” terangnya.

Ia menjelaskan, gempa magnitudo yang terjadi di Kabupaten Brebes merupakan jenis gempa bumi dangkal. “Sampai sejauh ini belum ada gempa susulan yang terjadi,” sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika gempa bumi tektonik merupakan jenis gempa bumi yang disebabkan oleh pergeseran lempeng plattektonik. “Gempa ini terjadi karena besarnya tenaga yang dihasilkan akibat adanya tekanan antar lempeng batuan dalam perut Bumi. Gempa Bumi ini adalah jenis gempa yang paling sering dirasakan, terutama di Indonesia,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA