Take a fresh look at your lifestyle.

BPS Pemalang Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

158

PEMALANG – Badan Pusat Statustik (BPS) Kabupaten Pemalang melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dalam pencanangan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang, Muhamad Arifin, dan tujuh saksi dari berbagai unsur pemangku kebijakan.

“Hari ini kita bisa melaksanakan pencanangan WBK dan WBBS dalam rangka membangun zona intergritas dan melanjutkan reformasi birokrasi di BPS Pemalang. Ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam pembangunan zona integritas yaitu, terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Kepala BPS Pemalang, Prita Rextiana, saat memberikan sambutan pencabangan zona integritas, kemarin.

Dia mengatakan, sudah sembilan tahun program reformasi birokrasi dilaksanakan. Selama kurun waktu tersebut telah banyak upaya perubahan yang dilakukan BPS Pemalang demi terwujudnya good governance dan menghasilkan aparatur BPS yang profesional, berintegritas dan amanah. Tantangan baik dari dalam maupun dari luar dari hari ke hari semakin berat. Tuntutan pengguna data terhadap penyediaan data statistik yang lebih cepat, lebih murah, lebih mudah diperoleh dan lebih berkualitas dirasakan semakin meningkat seiring dengan perkembangan tehnologi Informasi pada era digital. Proses pembangunan tersebut merupakan kerja berat, oleh karenanya semua pihak mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, punya mindset/pola pikir dan culture set /budaya kerja yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas dapat dicapai. Semua itu diharapkan berdampak pada terwujudnya visi BPS menjadi pelopor data statistik Tmterpercaya untuk semua.

“Zona Integritas telah dianggap sebagai role model reformasi birokrasi dalam
penegakan integritas dan pelayanan yang berkualitas oleh pendayagunaan
negara dan reformasi birokrasi. Hal ini
Kementerian aparatur menunjukkan respon positif kita semua, ditengah tingginya tuntutan masyarakat akan
terwujudnya birokrasi yang transparan akuntabel, bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” ujar Sekda Pemalang, Mohamad Arifin, saat membacakan sambutan Bupati Pemalang.

Ia mengatakan, dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pencegahan tindak
korupsi, seluruh aparatur diharapkan mampu berkomitmen untuk membantu masyarakat dan membangun integritas kerja yang lebih baik. Komitmen tidak cukup di ranah pimpinan saja, tetapi semua lini wajib berkomitmen sehingga
upaya pemberantasan korupsi akan
membuahkan hasil. Pihaknya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga besar
BPS Kabupaten Pemalang atas dideklarasikannya pencanangan pembangunan zona integritas
menuju WBK dan WBBM di lingkungan BPS Kabupaten Pemalang. Dengan dilaksanakannya deklarasi tersebut akan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Dengan adanya
pencanangan zona integritas diharapkan bisa terwujud tiga pilar penting, yaitu terwujudnya kapasitas dan kualitas organisasi, terwujudnya pemerintahan yang bersih dari KKN dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara maksimal.(Joko Widodo/Red_03)

BERITA LAINNYA