Take a fresh look at your lifestyle.

BPJAMSOSTEK Tegal Bagikan Sembako Kepada Para Buruh

277

TEGAL – BPJAMSOSTEK Cabang Kota Tegal memberi bantuan 150 paket sembako kepada para buruh perusahaan di Kota Tegal yang terdampak wabah Covid-19. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan perusahaan di Kantor BPJAMSOSTEK pada Rabu (6/5-2020).

Acara dihadiri Kepala Kantor BPJAMSOSTEK BPJS Cabang Tegal, Novri Annur, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, Heru Setyawan, dan Kepala Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Tegal, Edy Susyanto.

“Bantuan ini masih belum cukup mengatasi dampak covid-19, namun setidaknya membantu , khususnya yang di PHK. sekaligus mendukung program pemerintah kota Tegal,”kata Novri. S

itu, Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, berdasarkan data Disnakerin Kota Tegal, wabah covid-19 membuat beberapa perusahaan di Kota Tegal terpaksa mem-PHK karyawannya. “Ke depan pemberian bantuan dapat dilakukan melalui data kartu pra kerja, untuk menghindari duplikasi penerima bantuan sekaligus tepat sasaran,”tambahnya.

Ketua KSPSI Kota Tegal, Edy Susyanto menyambut baik kegiatan tersebut.”Bantuan ini wujud BPJAMSOSTEK tidak hanya peduli dengan pesertanya saja, tetapi semua yang terdampak covid-19,”ujarnya. Perwakilan PT. Sandang Tegal Inti Jaya, Mung mengatakan bantuan BPJAMSOSTEK sangat membantu, karena seluruh karyawan sudah dirumahkan sejak perusahaan tersebut memutuskan off (berhenti beroperasi) pada pertengahan April lalu.

Perwakilan Inul Vista Karaoke Kota Tegal, Guntur Adi Syahputra mengaku perusahaan sudah merumahkan karyawan sejak PSBB Kota Tegal. “Alhamdulillah, kami berterimakasih atas kepedulian BPJAMSOSTEK,”tambahnya. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Kantor Wilayah Jateng dan DIY yang diluncurkan pada 4 Mei lalu.

Bantuan 2000 paket sembako senilai Rp. 225 juta secara simbolis diserahkan Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY Suwilwan Rachmat kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Ruang Rapat Wagub Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (4-5/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakinah dan Sekretaris Disnakertrans Jateng Susi Handayani, serta sejumlah perwakilan serikat pekerja/serikat buruh yang berasal dari sejumlah perusahaan di Jateng.

Wagub Jateng Taj Yasin dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada BPJAMSOSTEK Kanwil Jateng dan DIY yang ikut andil dalam penanganan COVID-19 apalagi mengangkat slogan PAKAI MASKER yang merupakan kepanjangan dari kePedulian BPJAMSOSTEK kepada Masyarakat peKerja.

Suwilwan Rachmat menjelaskan kegiatan bantuan sembako untuk para pekerja terdampak COVID-19 tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Buruh yang selama ini biasa dilakukan dengan cara memberikan edukasi dengan mengumpulkan banyak orang, tetapi dengan kondisi saat ini edukasi dilakukan dengan cara pemberian paket sembako sekaligus sosialisasi penggunaan masker, serta edukasi mengenai BPJAMSOSTEK agar para pekerja mengetahui manfaat mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Wily menambahkan BPJAMSOSTEK Kanwil Jateng dan DIY dalam waktu dekat juga akan melakukan kegiatan promotif dan preventif tahun 2020 di antaranya pemberian multivitamin, alat pelindung diri (APD) masker untuk pekerja, pemberian APD berupa helm motor, pemberian APD jasa konstruksi, dan pemberian APD untuk para tenaga medis di sejumlah Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).(Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA