Take a fresh look at your lifestyle.

Bintek Aplikasi SIAPbang Digelar di Lawu Park Saat PPKM Level 3

- Ini Penjelasan Dinas Terkait

575

BREBES, smpantura.com – Di saat Brebes masih berstatus PPKM level 3 Covid-19, Bagian Adminstrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Brebes, justru menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) di luar kota selama dua hari, mulai Jumat (12/11) hingga Sabtu (13/11). Kegiatan yang bertempat di obyek wisata The Lawu Park Kabupaten Karanganyar itu, diikuti perwakilan seluruh Organisasi Perangat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Brebes.

Informasi di lapangan menyebutkan, surat undangan kegiatan bintek di tandatangani Sekda Pemkab Brebes, Joko Gunawan bernomor 005/3253. Bintek tersebut dilaksanakan terkait peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), bagi admin aplikasi SIAPbang Bagian Pembangunan Setda Pemkab Brebes. Surat undangan dikeluarkan sesuai disposisi Bupati Brebes, pada nota dinas dari Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, nomor 050/109/X2021 tanggal 21 Oktober 2021. Dalam surat undangan itu, rombongan peserta bintek berangkat Jumat (12/11) pukul 06.30, dengan berkumpul di Waterpark Bahari Kota Tegal.

Sekda Pemkab Brebes, Joko Gunawan saat dikonfirmasi melalui pesan whatapp (WA), menyarankan untuk langsung menanyakan kepada bagian yang melaksanakan kegiatan tersebut. “Ke mba Andri,” tulisnya di pesan WA sambil melampirkan nomor telepon.

Sementara itu Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Administrasi Pembangunan Setda Pemkab Brebes Andriyani menjelaskan, kegiatan bintek itu mendesak dilaksanakan seiring batas waktu akhir tahun, terkait update data dalam aplikasi SIAPbang. “Bintek ini sangat penting terkait peningkatan kapasitas SDM. Selama ini tenaga teknis di semua OPD masih bongkar pasang. Sehingga banyak laporan kegiatan pembangunan belum di upload,” jelasnya.

Terkait kondisi PPKM level 3, dia mengatakan, kegiatan bintek itu sudah mendapat izin dari pimpinan. Pertimbangan lain, informasinya Brebes sudah masuk level 2. Apalagi, vaksinasinya sudah mencapai lebih dari 50 persen sehingga berani ke luar kota. “Bintek ini sudah mendapat izin dari pimpinan. Kalau soal PPKM, kita kan sudah masuk level 2. Vaksinasinya juga sudah lebih dari 50 persen. Kami juga bukan berangkat dari Tegal, tetapi kumpul dan berangkat dari Islamic Center Brebes,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan bintek dipilih dilaksanakan di Lawu Park, karena fasilitasnya dinilai lebih lengkap dari pada potensi wisata lokal. Sehingga bisa sekaligus studi banding terkait pengelolaan wisata di luar daerah. Di sisi lain, tujuannya agar semua tim seluruh OPD bisa lebih kompak. Sehingga, pengelolaan dan manajemen aplikasi SIAPbang selalu update dan efektif. “Karena sudah berjalan, tahun ini di Lawu Park. Harapannya, tahun depan bisa di obyek wisata lokal. Yang jelas, bintek ini tidak terkait upaya penyerapan anggaran di akhir tahun,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA