Take a fresh look at your lifestyle.

Besok, STMIK Tegal Gelar Wisuda Sarjana Ke-XV

TEGAL, smpantura.com – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tegal, akan menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke-XV di Convention Hall Bahari Inn, Rabu (1/12) besok.

Ketua Panitia Wisuda, Bangkit Indarmawan Nugroho, MKom mengatakan, kegiatan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, nantinya akan dihadiri sejumlah pejabat dan tamu undangan.

Salah satunya Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi RI, Prof Ir Nizam, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr Muhammad Zainuri, Pembina Yayasan Pendidikan Pekerti Indonesia, H A Ghautsun, dan Gunawan, SE, Ak, MKom, selaku Ketua STMIK Tegal.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, akan disampaikan orasi ilmiah oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi RI, Prof Ir Nizam dan keynote speech oleh Anies Rasyid Baswedan, melalui video recording untuk memberikan pesan motivasi kepada para wisudawan.

“Kedua pembicara itu menitikberatkan materi sesuai tema yang diangkat dalam acara wisuda kali ini, Tantangan Meraih Keunggulan Kompetitif di era INDUSTRI 4.0,” sebut Bangkit disela acara gladi bersih, Selasa (30/11) sore.

Ditambahkan dia, STMIK Tegal sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada penyiapan SDM bidang Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI), akan mewisuda 55 wisudawan jenjang strata satu yang terdiri dari tujuh wisudawan prodi SI dan 48 wisudawan prodi TI.

Lebih lanjut Bangkit menjelaskan, selain melantik mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, prosesi wisuda juga bertujuan merefleksi diri yang berkaitan dengan empat kompetensi.

“Mulai dari kompetensi akademik, profesional, nilai sikap dan kompetensi menghadapi perubahan global. Keempat kompetensi yang akan dicapai itu sudah kami persiapkan secara matang,” bebernya.

Menurut Bangkit, selain telah melaksanakan sistem pembelajaran berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), para wisudawan juga mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) pengembang web pratama yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi, Inixindo Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua STMIK Tegal, Gunawan, SE, Ak, MKom, mengemukakan, STMIK Tegal sebagai pionir perguruan tinggi komputer pertama di wilayah Pantura bagian Barat Jawa Tengah, telah berhasil menghantarkan ribuan mahasiswa menjadi orang yang mandiri dan berhasil, baik sebagai ASN, pegawai swasta maupun pengusaha.

“Kampus dibangun sedemikian rupa, sehingga tidak hanya cocok untuk kegiatan-kegiatan civitas akademika, namun juga representatif untuk kegiatan lain,” paparnya.

Disebut Gunawan, tingginya animo masyarakat untuk mengikuti pendidikan di STMIK Tegal, menjadikan kekuatan pihaknya untuk terus mengembangkan STMIK Tegal. Bahkan, segenap dosen dan tenaga kependidikan juga terus diupayakan untuk memenuhi standar kualifikasi yang ditentukan dan konsisten dalam menjalankan program Tri Darma Pendidikan Tinggi.

Menurut Gunawan, Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi merupakan program studi favorit di bidang komputer. Untuk itu, pihaknya juga terus berupaya mengembangkan kedua program tersebut. Terlebih, STMIK Tegal telah terakreditasi dengan nilai Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Sebagai wujud rasa bangga lembaga terhadap para wisudawan, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan. Melalui momentum ini, semoga para wisudawan mampu mengaplikasikan semua keilmuan yang diperoleh selama studi ke dalam dunia kerja maupun mampu mandiri,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA