Take a fresh look at your lifestyle.

Bendera Hitam Berkibar, Nelayan Dihimbau Tak Melaut

198

PEMALANG – Syahbandar bersama Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Pemalang memasang bendera hitam sebagai tanda cuaca di laut tidak direkomendasikan untuk berlayar bagi nelayan. Petugas Syahbandar, Suparno mengatakan bendera hitam dipasang di dua tempat antara lain Muara Kali Srengseng, Tanjungsari dan Kali Elon Asemdoyong.

“Kami bersama kepolisian memasang bendera hitam di dua tempat mulai Senin (6/1) kemarin,”kata Suparno, Rabu (8/1).

Sementara itu Kepala Satpolair AKP Sunardi menjelaskan pemasangan bendera hitam dilakukan untuk menindaklanjuti peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang cuaca di Laut Jawa.

“Peringatan dari BMKG mengenai cuaca Laut Jawa akan berlangsung satu minggu sehingga kami menghimbau agar nelayan tidak melaut karena cuaca laut buruk,”kata Sunardi.

Menurut dia tinggi gelombang Laut Jawa utara Pemalang antara 0,75-1 meter dengan arus yang kuat. Arus kuat itu akan menyulitkan nelayan saat memasang jaring.

Perahu nelayan ditambatkan di Kali Srengseng, Tanjungsari, Pemalang lantaran cuaca laut yang buruk.(Foto : Ali Basarah/SMpantura.com)

Kemarin, ratusan perahu nelayan ditambatkan di tepian Kali Srengseng Tanjungsari Pemalang dan Kali Elon Asemdoyong, Taman. Semetara di depan muara masih nampak perahu-perahu nelayan yang masih berlayar untuk masuk muara.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA