Take a fresh look at your lifestyle.

Baru Dipugar, Rumah Tarim Ludes Terbakar

175

* FPMB Salurkan Bantuan

BUMIAYU– Nasib malang menimpa Tarim (50), warga Desa Telaga, Kecamatan Bantarkawung, Brebes. Rumahnya yang baru selesai dipugar melalui program TMMD Sengkuyung II, ludes terbakar.

Akibat kejadian itu, Tarim kehilangan rumah tinggal. Untuk sementara, ia bersama keluarga harus mengungsi ke rumah kerabat.

Musibah kebakaran itu terjadi pada Sabtu (3/8) sekitar pukul 10.00. Berawal ketika Anton Amanu (20), anak dari Tarim, memasak air menggunakan kayu bakar di dapur yang ada di depan rumah. Karena angin bertiup kencang, api dari kayu bakar
menyambar kesana kemari hingga membakar tabung gas. Anton pun langsung meminta pertolongan.

Warga yang berdatangan langsung berusaha memadamkan api. Namun angin yang bertiup kencang membuat api sulit dijinakkan. Api terus berkobar, merambat melalap bangunan rumah. Warga baru sepenuhnya berhasil memadamkan api pada pukul 10.30.

Kepala Dukuh Telaga Ikrom mengatakan peristiwa kebakaran telah dilaporkan ke pemkab melalui kantor kecamatan setempat.”Kerugian material sekitar Rp 70 juta,” kata dia. Pihaknya berharap ada bantuan dari pemerintah untuk membantu korban membangun kembali rumahnya.

Sementara itu, musibah yang menimpa Tarim menjadi keprihatinan sejumlah pihak. Salah satunya Forum Masyarakat Peduli Bumiayu (FPMB). Mereka menyalurkan bantuan uang untuk membantu meringankan beban korban. Ketua FPMB Muhtarom melalui sekretaris Fatkhurohman Wahid mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang sedang tertimpa musibah.”Nilainya mungkin tidak seberapa. Tapi mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban korban,” ujarnya.

Kapolsek Bantarkawung AKP Hasari mengatakan, penyebab kebakaran berasal dari api kayu bakar yang menyambar tabung gas karena tiupan angin kencang. Menyusul musibah itu, pihaknya meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.”Dalam cuaca seperti ini, kemarau dan angin, rawan terjadinya kebakaran,” kata dia.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA