Take a fresh look at your lifestyle.

Bantuan Dari IKBT-BA dan IKASMA Merata Hingga ke Tegal

200

TEGAL – Tak hanya membantu perantau asal Tegal yang berada di Jabodetabek saja, Ikatan Keluarga Besar Tegal Bahari Ayu (IKBT-BA) dan Ikatan Keluarga Alumni SMA 1 Tegal (IKASMA) juga memberikan bantuan serupa kepada warga di Kota dan Kabupaten Tegal, Senin (4/5) siang.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dan Bupati  Tegal, Umi Azizah yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tegal, dr Hendadi Setiadji oleh Ketua Umum IKBT-BA, Dr Tafakurrozak, di Ruang PSB SMAN 1 Tegal.

Tafakurrozak mengatakan, bantuan berupa paket sembako tersebut diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19, seperti pedagang kaki lima, penyapu jalan maupun warga kurang mampu. Sedangkan bantuan APD dan cairan disinfektan diberikan kepada beberapa rumah sakit.

“Kita utamakan mereka yang menerima adalah jaring pengaman sosial (JPS). Sebelumnya, kegiatan ini kami lakukan di Jakarta, khusus kepada warga Tegal,” bebernya.

Ditambahkan, hingga saat ini masih ada sekitar 90 persen warga Tegal yang bertahan tidak mudik dari Jabodetabek. IKBT-BA sendiri, sambung Tafakurrozak, merupakan gabungan dari puluhan organisasi atau komunitas warga Tegal di Jabodetabek.

Pada tahap pertama, pihaknya menyalurkan sembako sebanyak 1.000, 100 alat pelindung diri (APD), 100 jeriken disinfektan dan ribuan nasi bungkus. Rencananya, bantuan tersebut akan diberikan secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah, seluruh organisasi dan warga Tegal sendiri kompak untuk membantu sesama orang Tegal. Kepedulian mereka sangat luar biasa. Kami juga meminta mereka yang ada di Jabodetabek untuk tidak mudik. Harapannya, upaya ini dapat membantu pemerintah mengatasi Covid-19,” tutupnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA