Take a fresh look at your lifestyle.

Atasi Banjir Rob , Pemkab Tegal Berencana Membangun Polder

159

KRAMAT- Untuk menaggulangi banjir rob di wilayah Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal,  Pemkab Tegal berencana membangun polder  atau kolam penampungan yang dilengkapi dengan mesin pompa air.

Hal ini disampaikan Bupati Tegal, Umi Azizah , saat meninjau kawasan permukiman terdampak banjir rob di RW 07 Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat, Kamis (4/6) lalu.

Umi menyamoaikan, upaya penanggulangan dengan pembuatan polder atau kolam penampungan yang dilengkapi mesin pompa air masih terkendala di pengadaannya yang memerlukan biaya tidak sedikit dan perlu sinergi sejumlah pihak mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Mudah-mudahan di tahun 2020 ini, perencanaannya bisa kita selesaikan sebagai usulan teknis ke pemerintah provinsi ataupun kementerian terkait,” kata Umi.

Umi mengatakan, pihaknya sudah, sedang dan akan berupaya meminimalisir dampak dari adanya banjir rob ini.

“Banjir rob di kawasan terdampak sangat dipengaruhi oleh siklus alam seperti pergerakan bulan dan datangnya hujan, ditambah adanya kemungkinan penurunan permukaan tanah di sejumlah wilayah di sepanjang pantai utara jawa,” kata Umi.

Kawasan tersebut kerap dilanda banjir. Banjir rob kali ini adalah yang tertinggi, hingga mencapai 80 sentimeter. Puncaknya terjadi pada Senin dan Selasa (1-2/6)  kemarin, yang mengakibatkan puluhan keluarga harus mengungsi meninggalkan rumahnya, termasuk lima puluhan orang warganya yang mengingap di masjid lingkungan setempat selama tiga hingga empat hari terakhir.

Pada kesempatan itu, Umi Azizah sekaligus menyerahkan bantuan 345 paket sembako kepada warga terdampak. Umi  berpesan agar masyarakat tetap bersabar dalam menghadapi musibah bajir rob ini, termasuk juga pandemi Covid-19 yang menuntut siapa untuk selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita berdoa, mudah-mudahan banjir rob ini bisa segera surut dan masyarakat tetap diberikan kekuatan dan kesehatan,” ujar Umi.(Sari/Red-06)

.

 

 

BERITA LAINNYA