Take a fresh look at your lifestyle.

Asyik, Beton Akan Dibuka dan Lampu Kembali Dinyalakan

1.368

TEGAL – Sejumlah beton pembatas yang terpasang di sejumlah titik untuk mendukung pelaksanaan PSBB akan dibuka Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal. Tak hanya beton, seluruh lampu penerangan jalan umum (PJU) juga kembali dinyalakan mendekati perayaan besar umat Islam.

“Kita beri kelonggaran untuk masyarakat, pengusaha dan pedagang menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ungkap Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, saat memimpin rapat koordinasi bersama perwakilan pengusaha Kota Bahari terkait Pelaksanaan Penanganan Covid-19 di Kota Tegal, Senin (4/5) siang.

Hadir dalam rakor tersebut, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi, beserta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut dia, kebijakan tersebut rencananya akan dilakukan pada Jumat, 15 Mei 2020 atau sepekan menjelang Lebaran. Pemkot, memberi kelonggaran kepada masyarakat dan para pengusaha untuk mempersiapkan segala sesuatu menjelang Lebaran.

Terlebih, pelaksanaan PSBB berimbas kepada perekonomian. Terkait hal tersebut, ia menghimbau agar pengusaha di Kota Tegal, jangan sampai mem-PHK karyawan, dan bagi yang sudah terlanjur mem-PHK karyawannya, apabila keadaan sudah pulih, ia berharap karyawan yang di PHK akan direkrut kembali.

“Bagi pekerja yang sudah di PHK, saya minta hanya sementara saja. Jika situasi dan kondisi kembali normal, mereka dapat dipekerjakan kembali,” harap Dedy Yon.

Adapun PJU yang rencananya akan dinyalakan meliputi ruas jalan nasional, seperti Jalan Martoloyo, Jalan Yos Sudarso, Gajah Mada, Mayjend Sutoyo, Jend Sudirman, Sultan Agung, AR Hakim, Kol Sugiono, Dr Wahidin Sudiro Husodo dan Jalan Cipto Mangun Kusumo.

Sementara, untuk PJU di sejumlah jalan protokol seperti di Jalan Veteran, Ahmad Yani, KS Tubun, Kapten Sudibyo, Komplek Alun-alun, Jalan Pancasila, KH Dewantoro, Teuku Umar tetap dinyalakan jam 00.00 WIB – 05.30 WIB.

“Lampu PJU di jalan nasional tersebut akan menyala mulai pukul 18.00 WIB hingga 05.30 WIB. Kalau di dalam kota tetap menyala mulai pukul 00.00 dini hari,” pungkasnya.

Sedangkan untuk rencana ruas jalan yang akan dibuka pada (15/5) meliputi, Jalan Teuku Umar (Grogol), Jalan Sultan Agung, Jalan Jend Sudirman, Jalan Perintis Kemerdekaan dan beberapa jalan lainnya.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi dalam kesempatan tersebut menyampiakan, bahwa pemerintah bersama dengan pengusaha harus bersama-sama memikirkan bagaimana memulai rencana bisnis pasca covid-19.

Jumadi menghimbau, agar saat pengusaha memulai kembali bisnis, tetap harus memikirkan jangan sampai wabah itu kembali lagi. Menurutnya, harus ada solusi, langkah apa yang harus dilakukan untuk reopening bisnis pasca  wabah Covid-19.

“Kita harus bisa memulihkan ekonomi Kota Tegal lebih awal. Jika jumlah penderita Covid-19 di sini sudah zero, ini bisa dijadikan bukti bahwa kita benar-benar serius dalam menangani covid-19,” katanya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA