Take a fresh look at your lifestyle.

Arifin Putra Duta Genre Jawa Tengah

188

PEMALANG – Arifin Putra wakil dari Kabupaten Pemalang terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (Genre) Jawa Tengah setelah berhasil menjadi juara I putra Pemilihan Duta Genre jawa Tengah, belum lama ini. Pemilihan diselenggarakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah.

Sebelum menjalani pemilihan Arifin bertemu dengan Bunda Genre Kabupaten Pemalang, Irna Setyawati Junaedi yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang. Arifin dan Irna bertemu di Semarang karena Irna juga sebagai anggota DPRD Jateng.

Dalam pertemuan itu Irna memberikan dukungan kepada Arifin serta doa restu agar Wakil Pemalang bisa meraih prestasi dalam pemilihan tersebut. Dari dua Wakil Pemalang antara lain Arifin dan Nessa, Arifin akhirnya bisa menjadi juara.

Kepala Dinas Sosial Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos KBPPPA) Slamet Masduki menyambut baik prestasi yang telah diraih Afifin. “Semua dukungan telah diberikan dari dinas untuk menghadapi Pemilihan Duta Genre Jateng membuahkan hasil dengan terpilihnya Arifin sebagai duta Genre Jateng dia akan mewakili jateng dalam pemilihan Duta Genre tingkat Nasional,”kata Slamet didampingi Kabid KB, Mamid

Terpisah Kasi Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Pergerakan, Retno Prihartini mengatakan Duta Genre adalah program pemerintah yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. “Program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza agar menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa,”kata Retno, Minggu (4/8)

Adapun dalam pemilihan Duta Genre Jateng, Pemalang mengirim juara I Duta Genre Kabupaten Pemalang 2019 antara lain Arifin Putra dan Nesaa. Arifin merupakan wakil Kecamatan Pulosari sedangkan Nessa wakil dari SMA 1 Pemalang.

Di Semarang keduanya mengikuti seleksi yang terdiri atas seleksi administrasi, tertulis dan penjurian. Penjurian lanjut Retno terdiri atas wawancara, presentasi poster dan minat bakat. Dalam presentasi Arifin menyajikan penyuluhan menggunakan Bahasa Inggris dengan tema no drug, napza, free seks dan pernikahan dini. Kemudian di babak final Arifin menyampaikan pidato berbahasa Inggris selama dua menit tentang Indonesia darurat narkoba.

Sementara itu Arifin sehari-harinmya adalah aktifis di Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja Rama Sinta Pulosari binaan Dinsos KBPPPA. Di PIK tersebut dia aktif berkampanye tentang Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yaitu tiga resiko yang dihadapi oleh remaja antara lain seks pra nikah, HIV/ AIDS dan Napza.

Arifin adalah putra Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari yang saat ini desanya masih dilanda sulit air. Saat ini Arifin tercatat sebagai mahasiswa baru Universitas Karawang melalui jalur bidikmisi.(Ali/red_77)

BERITA LAINNYA