Take a fresh look at your lifestyle.

Anggota Dewan Sorot Sejumlah Jembatan di Tonjong Putus, Kenapa?

BREBES, smpantura.com- Putusnya sejumlah jembatan di Sungai Glagah dan Sungai Pedes, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, menyebabkan aktivitas warga terganggu, termasuk para siswa yang akan berangkat. Kondisi ini mendapat sorotan dari Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Mustollah.

Politisi PKB asli Kecamatan Tonjong ini mengatakan, di sepanjang Sungai Pedes dan Sungai Glagah yang melintasi sejumlah Desa di Kecamatan Tonjong, ada sejumlah jembatan yang putus akibat diterjang banjir.

“Di Kecamatan Tonjong ada beberapa jembatan yang kini putus. Mulai dari jembatan di Desa Tanggeran, Desa Purwodadi, Desa Pepedan, Desa Tonjong, serta di Dukuh Wadas Gumantung Desa Kutamendala. Jembatan ini melintas di Sungai Pedes dan Glagah, ” ungkapnya, kemarin.

Menurut dia, adanya beberapa jembatan yang putus akibat diterjang banjir tersebut, terjadi karena ada beberapa faktor pemicunya. Namun yang menjadi faktor pendorong jembatan itu putus, karena adanya penambangan pasir dan batu di sekitar jembatan. “Ya, faktor utamanya karena alam, akibat banjir. Tapi faktor ini didorong karena adanya penambangan pasir dan bebatuan disekitar jembatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan penghasilan warga, ternyata selama ini berdampak pada kondisi infrastruktur jembatan yang rusak. “Kami berharap seluruh masyarakat di sekitar Sungai Pedes dan Glagah ini, bisa saling menjaga kondisi alam, untuk tidak sembarangan melakukan aktifitas penambangan yang berakibat fatal,” sambungnya.

Data Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Brebes menyebutkan, jika jembatan yang putus diterjang banjir setahun lalu, merupakan jembatan desa dan kewenangannya ada di pihak desa. (T07-red)

BERITA LAINNYA