Take a fresh look at your lifestyle.

Agustus, Obyek Wisata di Tegal Dibuka Kembali

384

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal mulai mewacanakan membuka kembali sejumlah obyek wisata pantai yang membentang di Pantura Kota Bahari. Dimungkinkan, pembukaan kembali terjadi pada Agustus 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu terungkap, setelah Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi bersama Sekda Kota Tegal, Johardi melakukan tinjauan di Pantai Alam Indah (PAI), Rabu (27/5) siang. Dengan didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Cucuk Daryanto mereka meninjau sejumlah titik di tempat wisata kebanggaan wong Tegal itu.

Dalam tinjauannya, Jumadi menyebut, obyek wisata di Kota Tegal akan dibuka kembali setelah mendapat sinyal dari Pemerintah Pusat. Sebab, di tengah pandemi Covid-19, tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal buruk meski wilayah Tegal telah menjadi zona hijau.

“Lebih sulit mempertahankan zona hijau. Terlebih daerah di Jawa Tengah masih banyak yang merah. Khawatirnya, tempat ini dibuka dan pengunjungnya membludak dari mana-mana, kemudian terjadi penularan, siapa yang direpotkan,” tegas Jumadi.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan kajian dan evaluasi terkait wacana pembukaan obyek wisata. Baik yang dikelola oleh Pemkot maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) seperti di Pantai Muarareja, Pantai Batam sari dan Pulau Kodok.

Terlebih, dalam mempersiapkan wacana tersebut, pihaknya juga meyakinkan sekaligus memastikan seluruh elemen telah siap untuk menerapkan protokol kesehatan. Sebab, dengan dibukanya kembali obyek wisata, sudah tentu tidak akan lepas dari protokol kesehatan.

“Apa yang namanya memakai masker, cuci tangan, physical distancing dan pemeriksaan suhu itu sudah wajib. Tidak ada tawar menawar lagi. Untuk itu, semua elemen harus sudah siap. Selama menunggu kebijakan terbaru, mari kita sama-sama bekerja sama untuk tetap menjaga,” pintanya.

Selain itu, Jumadi juga berharap nantinya seluruh kendaraan baik roda dua maupun lebih, diparkir tidak mendekati bibir pantai. Akses menuju bibir pantai harus ditutup, sehingga pengunjung yang masuk dapat diperiksa suhu badannya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA