Take a fresh look at your lifestyle.

65.329 KPM Terima Bansos Pangan Pemprov Jateng

SLAWI- Sebanyak 65.329 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Tegal akan menerima bantuan sosial (bansos) pangan dari Pemrov Jateng, pada bulan Juni ini.  Bansos pangan masyarakat terdampak Covid-19 untuk pelaksanaan bulan pertama mulai disalurkan serentak Kamis (11/6).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan, 65.329 keluarga di Kabupaten Tegal menerima manfaat dari bansos pangan bulan pertama ini dari tiga bulan yang direncanakan. Jumlah penerima tersebut adalah yang terbanyak di Jawa Tengah.

Menurutnya, pendistribusian bansos pangan provinsi ke KPM ini dilakukan oleh petugas kantor pos dan dijadwalkan selesai dalam empat hari.

“Untuk mekanisme pendistribusian, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menunjuk BUMDes dan Sampoerna Retail Community sebagai lembaga penyalur untuk menyediakan komoditas sembako-nya. Sedangkan pengiriman paket sembako sampai ke tangan KPM sudah langsung ditangani PT Pos Indonesia sebagai lembaga pendistribusi barang,” kata Nurhayati.

Paket sembako bantuan pangan provinsi ini terdiri dari beras, minyak goreng, kecap, mie telur, dan lauk pauk yang total nilai nominalnya setara Rp 200.000.

Apabila dalam pendistribusian bulan pertama ini ditemukan adanya data penerimaan bansos pangan yang tidak tepat sasaran, maka bisa diperbarui untuk penerimaan bulan berikutnya.

“Untuk rencana bansos pangan masyarakat di bulan kedua, kami sudah mengajukan usulan ke provinsi sebanyak 91.982 KPM,”jelasnya.

Terkait nama penerima yang sudah meninggal, menurut Nurhayati, bisa diberikan kepada ahli waris dengan menunjukkan foto kopi kartu keluarga. Jika penerima bantuan tidak mempunyai ahli waris, maka dapat diberikan kepada penerima pengganti sesuai kriteria dengan didukung berita acara penggantian penerima dari Dinas Sosial Kabupaten Tegal atau dialihkan ke panti sosial terdekat. Adapun untuk penambahan KPM baru, mekanismenya harus diawali dari usulan pemerintah desa.

Sesuai petunjuk teknis bantuan pangan masyarakat terdampak Covid-19 Jateng tahun 2020, bantuan pangan tersebut menyasar antara lain, masyarakat non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan dari Kabupaten/Kota dan/atau masyarakat/kelompkl/organisasi yang belum tertampung dalam usulan.

Kemudian pedagang kecil yang tidak dapat berjualan, pekerja internal y ang tidak bisa bekerja sehingga tidak punya penghasilan, perantau (pelajar, mahasiswa, karyawan) yang tidak dapat mempunyai penghasilan, buruh/karyawan yang dirumahkan/PHK,masyarakat rentan yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup akibat dampak Covid-19 dan janda perintis kemerdekaan.

Sebelumnya, penyerahan bansos pangan provinsi di Kabupaten Tegal ini sudah dilaksanakan secara simbolis oleh Staf Ahli Bupati Tegal Agus Subagyo, pada Selasa (9/6) lalu di Balai Desa Penusupan Kecamatan Pangkah. Sebanyak seratus paket sembako pangan telah dibagikan kepada KPM desa setempat.(Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA