Take a fresh look at your lifestyle.

463.350 Penduduk Perbarui Data Melalui Sensus Penduduk Online

-Kabupaten Tegal Lima Besar di Jateng

158

SLAWI- Sensus Penduduk (SP)  2020 Online mendapat respon  baik dari warga Kabupaten Tegal. Selama Februari sampai dengan akhir Mei, tercatat 120.577 kepala keluarga  (23,30 %) dengan penduduk tercatat 463.350 jiwa telah memperbarui data masing-masing secara daring. Dengan capaian tersebut, Kabupaten Tegal menduduki lima besar capaian tertinggi SP 2020 Online di Provinsi Jateng.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal, Jamaludin, pada acara pencanangan pembangunan zona integritas BPS Kabupaten Tegal di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (18/6).

Jamaludin mengatakan, Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan dengan metode kombinasi, kombinasi Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk Konvensional (door to door). Keduanya menggunakan big data Adminduk sebagai data dasar.

Selanjutnya, BPS akan melaksanakan kegiatan pendataan penduduk door to door bagi penduduk yang belum mengukuti SP Online, selama September 2020.

“Kami mengharapkan semangat kolaborasi BPS dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal akan membawa sukses SP 2020 selama September 2020 yang akan datang,”harap Jamaludin.

Pada acara yang dihadiri Bupati Tegal Umi Azizah, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie dan anggota Forkopimda dan kepala OPD Kabupaten Tegal ini, Jamaludin menyampaikan, beberapa upaya yang telah dilakukan BPS Kabupaten Tegal dalam upaya membangun  zona integritas.

Jamaludin mengatakan, sudah sembilan tahun program reformasi birokrasi dijalankan di BPS Kabupaten Tegal. Selama kurun waktu ini, telah banyak upaya perubahan yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Tegal demi terwujudnya good governance dan menghasilkan aparatur BPS yang profesional, berintegritas, serta amanah.

Tuntutan pengguna data terhadap penyediaan data statistik yang lebih cepat, lebih murah, lebih mudah diperoleh, dan lebih berkualitas dirasakan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi pada era digital. Bahkan tuntutan ini semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, demi menjawab berbagai tantangan, BPS Kabupaten Tegal telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program reformasi birokrasi nasional (RBN) dan membangun zona integritas, yang semua itu diharapkan berdampak pada terwujudnya visi BPS menjadi pelopor data statistik terpercaya untuk semua.

Kinerja BPS Kabupaten Tegal dalam SP 2020 Online yang telah berhasil  menjaring kurang lebih 30 persen penduduk Kabupaten Tegal mengisikan data kependudukan secara daring mendapat apresiasi  Bupati  Tegal, Umi Azizah.

“ Artinya, kurang lebih 30 persen penduduk kita telah terdata melalui sensus penduduk online dan ini melebihi target awal BPS yang sebesar 22 persen,”tutur Umi.

Umi berpesan, agar pengelolaan data hasil sensus penduduk 2020 nanti bisa mengatasi perbedaan data yang selama ini terjadi. Data yang aksesibel dan terintepretasikan dengan baik serta mudah dibaca berbagai kalangan di masyarakat.

Sementara itu, dicanangkannya zona integritas menuju  Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM)di lingkungan BPS Kabupaten Tegal,  diharapkan  mampu meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Karena muara dari zona integritas ini adalah layanan yang bermutu. Layanan yang semakin baik yang mampu mencegah terjadinya praktik korupsi ataupun penyalahgunaan kewenangan.(Sari/Red-06)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA