Take a fresh look at your lifestyle.

30 Perusahaan AS Siap Bangun Pabrik di Kawasan Industri Brebes

- Terkait Rencana Donald Trump Relokasi Pabrik dari China ke Indonesia

765

BREBES – Rencana Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk memindahkan pabrik-pabrik farmasi dan alat kesehatan dari China ke Indonesia, ternyata terus ditindaklanjuti. Terbukti, ada sebanyak 30 perusahaan asal Negeri Paman Sam itu yang saat ini menyatakan siap merelokasi pabriknya ke Kawasan Industri Brebes (KIB).

Rencana Donald Trump itu mencuat menyusul bocornya pembicaraan rahasia dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang sempat viral di beberapa media nasional. Dalam pembicaraan tersebut Donald Trump mengutarakan niatnya kepada Jokowi soal relokasi pabrik-pabrik AS dari China ke Indonesia.

Sementara adanya kesiapan puluhan perusahaan AS yang akan memindahkan pabriknya dari China ke Indonesia, khususnya Brebes juga diakui Pemkab Brebes. Hal itu diketahui setelah utusan para pengusaha AS yang akan masuk ke KIB berkunjungan ke Indonesia.

“Sesuai informasi resmi yang kami terima, untuk tahap pertama akan ada sekitar 30 perusahaan besar yang akan segera melakukan relokasi dari China ke Indonesia. Ini untuk perusahaan farmasi dan alat kesehatan. Atas rencana ini, pemerintah daerah sudah sangat siap sekali,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes, Ratim Rantoko, Selasa (19/5).

Dia mengatakan, rencana adanya relokasi perusahaan AS dari China ke Indonesia terus ditindaklanjuti pemerintah. Terkait itu, kini juga telah ada pembicaraan antara Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Recana tersebut juga disambut baik oleh pihak calon pengelola KIB, yang saat ini sedang menggenjot masterplan untuk segera diselesaikan. Diperikirakan dalam sebulan mendatang, masterplan KIB akan selesai. “Yang jelas, atas rencana ini perkembangannya cukup bagus,” tandasnya.

Tindak lanjut lainnya, sambung dia, Menteri Perindustrian juga berencana akan melakukan kunjungan ke Brebes, untuk melihat secara langsung KIB. Di samping itu, juga akan melakukan dialog terkait potensi dan masalah-masalah yang dihadapi KIB tersebut. “Kalau pemerintah daerah atas rencana ini sudah sangat siap sekali. Namun ini ada ketergantungan terhadap dokumen perencanaan yang sedang disusun oleh Pemerintah Provinsi Jateng dan penetapan lokasinya. Sebab, dokumen perencanaan ini berkaitan dengan rencana penetapan lokasi,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Brebes sesuai dengan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah menyiapkan lahan bagi KIB seluas 3.976 hektare. Selain KIB, disiapkan juga kawasan peruntukan industri dengan luas lahan mencapai 1.700 hektare. “Nantinya, pendirian pabrik-pabrik AS yang direlokasi dari China ini harus berada di KIB. Lokasinya, antara Kecamatan Bulakamba hingga Losari,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA