Take a fresh look at your lifestyle.

20 Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

273

PEMALANG – Sebanyak 20 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh sejak Pemalang dinyatakan masuk dalam zona merah pada April silam. Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19, Tutuko Raharjo mengatakan kasus pasien postif Covid-19 sembuh terbaru adalah seorang tenaga medis.

 

“Ada tambahan baru untuk pasien positif Covid-19 yang sembuh yaitu seorang tenaga medis perempuan berinisial N (32) dari Kabupaten Tegal yang berdinas di rumah sakit di Pemalang,”kata Tutuko, Sabtu (9/5).

 

Kasus pasien positif sembuh yang baru ini diketahui setelah sebelumnya dilakukan pengiriman sampel Swab sebanyak 24 buah ke laboratorium Kementerian Kesehatan di Jateng. Dari 24 Sawab tersebut 23 dinyatakan negatif termasuk di dalamnya inisial N. Sementara satu Swab diketahui hasilnya positif Covid-19 atas nama T (60) laki-laki dari Kecamatan Comal.

 

“Untuk tenaga medis ini secepatnya akan dipulangkan dalam rangka penyesuaian lingkungan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu 14 hari isolasi mandiri,”ujarnya. Demikian pula dengan yang terkonfirmasi positif juga menjalani karantina mandiri sesuai protokol kesehatan.

 

Dengan adanya hasil Swab ini maka pantauan Covid-19 Kabupaten Pemalang untuk pasien postif bertambah 1 orang menjadi 25 orang positif terdiri atas karantina 4 orang, sembuh 20 orang, jumlah meninggal satu orang.

 

Adapun pasien positif Covid-19 yang sembuh ini terjadi sejak 16 April yaitu dua orang dari Kecamatan Comal, selanjutnya satu orang dokter sembuh pada 1 Mei, disusul 10 dokter dan satu warga kembali sembuh pada 6 Mei. Kemudian pasien positif Covid-19 kembali sembuh sebanyak lima orang pada Jumat (8/5) disusul satu tenaga medis sembuh pada Sabtu (9/5).

 

Lebih lanjut Tutuko menambahkan dalam penanganan Covid-19 ini Kabupaten Pemalang meningkatkan jumlah pengiriman Swab ke laboratorium Kementerian Kesehatan baik di Semarang maupun Salatiga. Selain dilakukan pengiriman 24 sampel Swab yang sudah diketahui hasilnya, kemarin juga turun hasil uji Swab untuk 15 orang dengan hasil semuanya negatif.

 

Adapun langkah lain adalah peningkatan kinerja oleh Dinas Kesehatan dan RS Ashari dengan melakukan pelatihan metode pengambilan Swab bagi tenaga medis yang ada di jajaran Dinas Kesehatan dan rumah sakit swasta di Pemalang.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA