Take a fresh look at your lifestyle.

2.259 PMR Madya dan Wira Dikukuhkan

172

SLAWI-Sebanyak 2.259 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Madya dan Wira dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono di Lapangan Pemkab Tegal, Minggu (15/9).

Pengukuhan  anggota PMR dilaksanakan bertepatan dengan  upacara peringatah Hari Ulang Tahun ke-74 Palang Merah Indonesia (PMI).

PMR Madya dan Wira yang dikukuhkan berasal dari 69 sekolah,  terdiri atas 1.082 PMR Madya dari 38 SMP/MTs dan 1.177 PMR Wira dari 31 SMA/SMK/MA.

Usai mengikuti upacara dan pengukuhan, pada hari itu, anggota PMR mengikuti uji kecakapan kepalangmerahan dengan materi uji  Gerakan Kepalangmerahan .

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono usai mengukuhkan, berpesasan kepada anggota PMR Madya dan Wira agar  jangan pernah ragu untuk berbuat baik. Karena menurutnya, kesempatan berbuat baik itu bisa jadi tidak datang dua kali.

“ Tidak ada satu kebaikan sekecil apapun yang sia-sia, karena kita juga tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan menghantarkan kita masuk ke pintu surga setelah kehidupan dunia ini nanti,”ungkapnya.

Dalam upacara tersebut, Joko yang membacakan sambutan Ketua PMI Jateng, menyampaikan, PMI harus terus mengedepankan kegiatan tanggap bencana dan bersama masyarakat, melakukan upaya-upaya pengurangan risiko bencana (PRB).

Pelibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan PRB, demi meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana yang setiap saat dapat terjadi. Untuk itu PMI harus membangun kemampuan organisasi dan SDM, sehingga makin tangguh dan siap menghadapi bencana apapun.

“Ketangguhan berbasis masyarakat inilah yang harus terus senantiasa kita perkuat,”sebutnya.

Tak hanya meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana, Joko menuturkan, PMI juga harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, pemangku kepentingan, instansi lintas sektoral, untuk bersama membangun masyarakat menjadi tangguh.

Dengan demikian, mereka dapat melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengurangan risiko bencana secara mandiri.

Pagi itu,  Sekda Kabupaten Tegal didampingi Ketua PMI dan pengurus, menyerahkan penghargaan kepada relawan donor darah yang sudah berdonor sebanyak  10 kali, 25 kali sampai 50 kali. Selain itu, juga menyerahkan tropi pada juara lomba mewarnai tingkat TK.

Pengurus PMI Kabupaten Tegal, Agus Subagyo yang juga panitia penyelenggara kegiatan menyebutkan, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 PMI.

Selain acara tersebut, juga akan dilaksanakan donor darah sukarela, pembentukan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di dua desa, sosialisasi kesiapsiagaan bencana bagi siswa SD oleh PMR Madya.

“ Selain itu juga dilaksanakan simulasi bencana di sekolah, aksi bersih lingkungan, nonton bareng warga film “Pesan dari Samudra” dan “Nyanyian Musim Hujan” serta bakti sosial distribusi air bersih. (Sari/Red 6)

 

BERITA LAINNYA