Take a fresh look at your lifestyle.

18 Titik Rawan Genangan Perlu Diwaspadai

141

TEGAL – Berdasarkan data pemetaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tegal ada 18 titik yang perlu diwaspadai sebab potensi terjadi genangan saat hujan lebat. Selain itu meminta pada masyarakat di 18 titik rawan untuk selalu waspada genangan.

“Sesuai dengan prediksi dari Badan Meteorologi Klinatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal bahwa bulan ini merupakan puncak musim penghujan, artinya intensitas curah hujan di Kota Tegal tinggi dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Tegal Andri Yudi Setiawan, kemarin.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan 18 titik rawan genangan tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Margadana meliputi Kelurahan Kaligangsa, Krandon, Cabawan, Sumurpanggang, Margadana dan Kalinyamat Kulon. Untuk wilayah Kecamatan Tegal Barat meliputi Kelurahan Kraton, Muarareja, Tegalsari, Pesurungan Kidul, dan Kemandungan. Wilayah Tegal Timur, yakni Kelurahan Mintaragen, Panggung, Slerok dan Kejambon. Sedangkan, Kecamatan Tegal Selatan meliputi Randugunting, Tunon dan Debong Tengah. Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Tegal, awal pekan ini (Senin-red) Kota Tegal berpotensi diguyur hujan disertai petir dan angin kencang. Dengan potensi tersebut, pihaknya terus melakukan pantauan intensif di semua wilayah. Khususnya, titik rawan genangan baik banjir maupun rob di empat wilayah kecamatan. Termasuk, menyiagakan seluruh personel BPBD, Satgas Pusdalops-PB, TRC dan relawan dalam memberikan informasi maupun pengawasan intensif.

Analis dan Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Tegal, Hendy Andriyanto menambahkan, potensi terjadinya hujan berpeluang terjadi pada siang hingga malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Terlebih, kecepatan rata-rata angin 20 km/jam dengan kelembaban berkisar 60 – 95 persen dan suhu berkisar 25 – 32 derajat Celcius. Menurutnya, meski potensi hujan ringan hingga sedang masih patut diwaspadai karena terjadi saat warga beraktifitas.Untuk potensi tinggi Gelombang Perairan Utara Jawa Tengah berkisar 1 hingga 2,5 meter dan tinggi maksimum bisa mencapai dua kali lipatnya. (H77/Red_03)

BERITA LAINNYA