Take a fresh look at your lifestyle.

Beraksi di Pekalongan, Spesialis Pencuri di Minimarket Dibekuk

165
  • Tiga Tersangka Perempuan, Satu Pria

PEKALONGAN – Komplotan spesialis pencurian yang kerap beraksi di minimarket lintas provinsi dibekuk Tim Resmob Satreskrim Polres Pekalongan Kota. Dalam penangkapan tersebut, petugas mengamankan empat orang tersangka, dimana tiga tersangka merupakan perempuan, sementara satu pelaku lainnya pria. Komplotan tersebut sempat beraksi di salah satu minimarket di Kota Pekalongan, sebelum akhirnya berhasil ditangkap. Ke-empat tersangka berasal dari luar kota. Masing-masing yakni Ny Nining Aningsih (44) warga Johor Baru, Jakarta Pusat, Ny Nunung Nurhayati (55) warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten; dan Tan Ong Lan (57) warga Johor Baru, Jakarta Pusat. Sementara, satu tersangka seorang pria, Sugeng Purnomo (42), warga Wedung, Demak.

Dalam aksinya di Kota Pekalongan, mereka telah mencuri sejumlah barang dagangan di Toko Herma Jaya Mart di Jalan Asem Binatur No 3 RT 01 RW 02, Binagriya, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Dalam aksinya, mereka dengan modus berpura-pura sebagai pembeli. Aksi dari para pelaku tersebut terekam kamera pengintai CCTV yang terpasang di lokasi. Polisi akhirnya bisa mengidentifikasi para pelaku dan melakukan penangkapan. Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez dalam gelar perkara di mapolres setempat, Jumat (17/1), menjelaskan bahwa kasus pencurian itu terjadi pada Rabu, 20 November 2019 sekitar pukul 17.00 Wib. Terungkapnya kasus ini berawal dari pengecekan stok barang dagangan oleh pemilik minimarket. Ternyata ada beberapa barang yang hilang. Diantaranya, tujuh box susu balita dengan harga masing-masing Rp 200 ribu, serta satu kotak (isi 12) <I>Freshcare<P>

Pemilik minimarket kemudian mengecek rekaman CCTV, dan memang benar, ada empat orang yang telah berkomplot mencuri barang dagangan di minimarketnya. Adanya kejadian itu, korban kemudian melapor ke Satreskrim Polres Pekalongan Kota. Tim Resmob Satreskrim Polres Pekalongan Kota kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi para pelaku. “Dalam aksinya, keempat tersangka berbagi tugas, disamping itu pelaku sengaja mengenakan pakaian dan celana khusus yang elastis dan bisa dimasuki banyak barang,” terang kapolres.

Kemudian, petugas berhasil mengetahui keberadaan para pelaku. Dan, Minggu (12/1) lalu sekitar pukul 21.00 Wib, petugas mendapat informasi, para pelaku berada di sebuah minimarket di daerah Banyurip, Pekalongan Selatan, dan diduga hendak melakukan aksi yang sama. Tim Resmob kemudian menuju ke lokasi dan melakukan penangkapan. Selain menangkap empat tersangka, imbuh Kapolres, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, berupa rekaman CCTV, 1 baju lengan pendek, 1 celana kain, 1 jilbab, 1 hem batik lengan panjang, dan 1 celana elastis. “Para dijerat dengan Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (Kuswandi/Red9)

BERITA LAINNYA