Take a fresh look at your lifestyle.

Belasan Pendaftar Perangkat Desa Dicoret

141

PEMALANG – Sebanyak 12 pendaftar seleksi perangkat desa di Kabupaten Pemalang dicoret. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Tutuko Raharjo mengatakan mereka dicoret saat seleksi perangkat desa masih dalam tahap penyaringan.

Pencoretan dilakukan lantaran mereka tidak datang pada saat dilaksanakan tes kesehatan dengan beberapa alasan.

“Berdasarkan jadwal tes kesehatan calon perangkat desa dilakukan pada bulan Juli oleh tim kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK),”kata Tutuko kemarin.

Dari jumlah pendaftar yang mencapai 488 ada 12 orang yang dinyatakan gugur lantaran tidak hadir tersebut sementara satu orang yangvjuga tidak hadir lantaran sakit diperiksa kesehatannya kembali dan dinyatakan tidak sehat.

Adapun setelah tahap penyaringan selanjutnya para calon perangkat akan masuk tahap seleksi oleh panitia di tingkat desa. Panitia ini akan menguji secara manual atau berbasis kertas dan pensil namun ada juga yang menggunakan sistem komputer atau CAT (computer assisted test).

Lebih lanjut Tutuko menjelaskan bahwa hingga saat ini jabatan perangkat desa masih menarik bagi sebagian masyarakat. Dari 36 desa yang membuka 52 formasi jumlah pendaftar mencapai ratusan orang. Apalagi saat ini untuk calon perangkat desa sesuai aturan terbuka bagi siapapun termasuk bagi warga luar desa bahkan luar daerah.

Hanya saja dalam peraturan desa nantinya diatur bahwa perangkat harus bertempat tinggal dan menjadi warga setempat. Ini bertujuan agar dia dapat bekerja lebih maksimal dan bisa mengetahui wilayah desa yang akan dilayaninya.

(Ali Basarah/ Red2)

BERITA LAINNYA