Take a fresh look at your lifestyle.

Belasan Orang di Pendapa Kabupaten Brebes Positif Covid-19

- Termasuk Suami dan Dua Anak Bupati

101

BREBES – Sebanyak 15 orang yang tinggal dan berkerja di lingkungan Pendapa Kabupaten Brebes, terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga orang di antaranya merupakan suami dan dua orang anak Bupati Brebes. Sementara sisanya adalah orang yang bekerja di Pendapa Kabupaten Brebes, mulai dari juru masak, sopir hingga ajudan Bupati Brebes. 

Hal itu diketahui dari hasil swab RSUD Brebes, dan tracking yang dilakukan tim Dinas Kesehatan Brebes. Sementara Bupati Brebes, Idza Prinyanti dari hasil swab yang keluar dinyatakan negatif. Mereka yang positif tersebut, kini menjalani isolasi mandiri di Pendapa Kabupaten. Khusus dua anak Bupati Brebes kinI jalani isolasi dan perawatan di RSUD Brebes.

“Sesuai hasil swab, suami dan dua anak Bupati Brebes ini terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil swab RSUD Brebes ini resmi keluar pada Rabu (11/11) lalu. Suami Bupati saat melaksanakan isolasi mandiri di Pendapa Kabupaten, dan kondisinya sangat baik. Sedangkan dua anak Bupati, kini diisolasi di RSUD Brebes atas permintaan sendiri dan kesehatannya sangat baik,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Brebes, de Sartono, Senin (16/11), di kantornya. 

Dari munculnya hasil positif itu, lanjut dia, tim Dinkes langsung melaksanakan tracking sebagai upaya pencegahan penyebaran. Tracking difokuskan terhadap mereka yang pernah kontak langsung dengan pasien positif tersebut. Untuk itu, fokus pertama tracking dilakukan terhadap mereka yang bekerja di lingkungan Pendapa Kabupaten Brebes. Di antaranya, terhadap juru masak, tukang kebun, sopir hingga ajudan Bupati. Tracking melalui swab itu dilaksanakan sejak Jumat (13/11) lalu. “Ada 19 orang di lingkungan Pendapa Kabupaten Brebes yang kami tracking. Hasil swabnya, diketahui 12 orang di antaranya terkonfirmasi positif. Ini, termasuk juru masak, tukang kebun, sopir, sekpri dan ajudan Bupati,” terangnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, terhadap 12 orang di lingkungan Pendapa Kabupaten Brebes tersebut, saat ini tengah menjalani isolasi mandiri. Mereka diisolasi mandiri di Pendapa Kabupaten. Artinya, para pekerja yang berkaitan dengan rumah tangga Bupati Brebes tersebut, yang biasanya pulang saat ini tidak diperkenankan pulang ke rumah masing-masing. Namun mereka tetap tinggal di Pendapa Kabupaten. “Untuk sumber penyebaran ini, kami masih terus menyelidikinya. Kami sekarang fokus terhadap penanganan yang terkonfirmasi positif dan upaya pencegahan agar tidak menyebar atau menular,” tandasnya. 

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan membenarkan kondisi yang menimpa keluarga Bupati Brebes tersebut. Terkait semua aktivitas yang dilaksanakan di Pendapa Kabupaten, baik menyangkut kegiatan pemerintahan atau organisasi masyarakat yang dijadwalkan di Pendapa Kabupaten untuk sementara dihentikan dan dialihkan ke tempat lain. Sedangkan kegiatan yang dijadwalkan harus dihadiri Bupati, untuk saat ini telah didelegasikan ke Wakil Bupati Brebes dan pihaknya. “Kami sudah melakukan berbagai langkah. Termasuk, melakukan sterilisasi lingkungan Pendapa Kabupaten Brebes, dan mengalihkan semua kegiatan yang dijadwalkan dilaksanakan di Pendapa Kabupaten,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA