Take a fresh look at your lifestyle.

Baznas Salurkan 20 Kambing Kurban untuk Enam Desa

174

BALAPULANG-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Baznas Kabupaten Tegal dan Karang Taruna Sebayu bekerjasama menyalurkan hewan kurban dari para pengurban (mudohi) untuk enam desa di Kabupaten Tegal .

Sebanyak 20 ekor kambing dipotong bersamaan pada Hari Raya Idul Adha 1440 H di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Minggu (11/8).

Dalam acara tersebut hadir Wakil Ketua Baznas  Kabupaten Tegal, Nurul Huda dan Senior Officer Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nasional, Abdul Kahfi.

Daging kurban  dibagikan kepada 400 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di enam desa, yakni Desa Gunungjati, Desa Pucang Luwuk, Desa Diwung, Desa Sesepan, Desa Jembayat, Kecamatan Margasari dan Desa Jerakah.

Kahfi mengatakan, penyelenggaraan kurban tahun ini sesuai dengan Program Kurban Berdayakan Desa dimana hewan kurban dibeli, disembelih dan dibagikan untuk warga desa. Dengan demikian secara ekonomi, menguntungkan peternak desa, dan dari sisi kesehatan dapat meningkatkan gizi masyarakat serta meningkatkan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat desa.

“Hewan ternak kami beli langsung dari peternak binaan Baznas di desa, kemudian disembelih dan didistribusikan untuk masyarakat desa di Kabupaten Tegal,” katanya.

Nurul Huda sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para mudohi yang telah menyalurkan hewan kurban melalui BAZNAS sehingga warga kurang mampu di Kabupaten Tegal dapat menikmati daging kambing pada hari raya ini.

“Semoga Program Kurban Berdayakan Desa ini dapat menjadi pemantik pemberdayaan warga desa melalui usaha peternakan, menjadi momen meningkatkan gizi masyarakat desa, dan dari segi ubudiyah bisa memacu semangat  masyarakat desa untuk saling berbagi melalui ibadah kurban,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi embrio kerja sama dan sinergi program Baznas RI  dan Baznas  Kabupaten Tegal yang berlanjut hingga masa yang akan datang sehingga menghadirkan manfaat bagi masyarakat  luas.

Kepala Desa Danawarih, Abdul Munip juga berharap program tersebut terus berjalan setiap  tahun dan berkesinambungan.

“Kami berharap, kerjasama program untuk masyarakat kurang mampu ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya sehingga semakin banyak hewan kurban yang di distribusikan melalui Baznas Kabupaten Tegal agar pembagian dagingnya semakin merata,” katanya.

Ketua panitia acara, Herlambang Jatikusumo dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada para pengurban yang telah menunaikan kurban melalui Baznas.

“Dengan adanya Kurban Berdayakan Desa dapat menyuplai nutrisi bagi masyarakat yang memiliki tingkat konsumsi protein hewani rendah dan dapat menyejahterakan para peternak di desa. Besar harapan kami juga dapat memaknai rasa berbagi dan memberi melalui momen Hari Raya Idul Adha ini,” katanya.

Baznas  RI menyelenggarakan Program Kurban Berdayakan Desa di 43 titik penyaluran yang berada di 20 Provinsi, khususnya di 41 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia.(Sari/Red6)

BERITA LAINNYA