Take a fresh look at your lifestyle.

Baznas Batang Siap Luncurkan Kredit Fakir Miskin Tanpa Bunga

191

BATANG – Baznas Kabupaten Batang akan meluncurkan produk kredit (micro financial) atau Mikro Finansial tanpa bunga. Kredit itu diperuntukan fakir miskin produktif dengan pendapatan Rp 1,5 juta per bulan.

”Mikro Financial itu untuk memberdayakan fakir miskin produktif untuk berusaha. Dengan pinjaman maksimal Rp 2 Juta,”ujar Ketua Baznas Kabupaten Batang Achfa Mahfudz kepada Suara Merdeka saat diteui di ruang kerjanya, Senin (29/7).

Dia menuturkan, program Mikro Finansial itu dimaskudkan untuk ikut membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Khususnya fakir miskin untuk meningkatkan pereknomian dan kesejahteraanya. ”Kerena itu kepada penerima kredit Mikro Finansial kami beri kemudahan yaitu untuk mengangsur pinjaman baru pada bulan ke tujuh. Jadi selama enam bulan mereka agar tumbuh dan berkembang menjadi wira usaha, baru bulan ke tujuh mulai menyisakan keuntunganya untuk mengangsur pinjamannya. Kemudian setelah sudah mencapai <I>mishob<P> atau batas maksimal wajib membayar zakat,”tandas mantan Wakil Bupati Batang. Saat ini, Baznas Kabupaten Batang masih menunggu kelonggaran waktu Bupati Wihaji untuk meluncurkan produk Mikro Financial itu. ”Kami menunggu konfirmasi longgarnya Bupati untuk melaunching produk itu. Mudah-mudahan ditengah-tegah kesibukanya secepatya ada waktu, karena kami sudah siap.”

Acha Machfudz mengingatkan, kaum muslim kewajibannya untuk membayar zakat. Sesuai dengan peraturan dari Kementerian Agama RI, kaum muslim yang memiliki kekayaan sebesar 85 gram emas wajib membayarkan zakatnya sebesar 2,5 persen. ”Kalau emas sekarang per gram dalam kisaran harga Rp 500 ribu, dengan kekayaan memiliki emas 85 gram membayar zakat sekitar Rp 1.106.500, kalau dihitung per bulan sekitar Rp 88.550. Sehari ibaratnya seperti bayarreyribusi parkir mobil Rp 3 Ribu atau dua batang rokok. Untuk itu, kami mengimbau kaum muslim segera membayar zakatnya.”

Pada Tahun 2019 Baznas Kabupaten Batag menyalurkan bantuan sebesar Rp 289 juta kepada fakir miskin produktif di lima kecamatan yatu Bawang, Gringsing, Pecalungan, Subah, dan Tulis. Karena yang 10 kecamatan, meliputi Batang, Bandar, Blado, Banyuputih, Limpung, Tersono, Warungasem, dan Wonotunggal sudah mendapatkan bantuan melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang dikelola Bagian Kesra Pemkab Batang. Berkaitan dengan Hari Raya Kurban, Baznas Kabupaten Batang mengajak peran perusahaan untuk ikut andil. Pihaknya siap menampung selanjutnya akan menyalurkan ke desa-desa.  ”Silakan apabila ada perusahaan yang akan menyerahkan hewan kurban Baznas Batag siap menyalurkan ke desa-desa.”

(Arif/red38)

BERITA LAINNYA