Take a fresh look at your lifestyle.

Bawaslu Brebes Luncurkan Buku Hasil Pengawasan Pemilu

153

BREBES – Sebagai upaya menambah literasi bagi masyarakat Brebes, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes menerbitkan buku terkait pengawasan Pemilu. Buku berjudul Kandang Bebek : Bawaslu Kab Brebes Undercober itu diluncurkan dan dibedah, Selasa (12/11), di Kantor Bawaslu Brebes.

Ketua Bawaslu Brebes Wakro melalu Anggota Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran, Yunus Awaludin Zaman menjelaskan, buku setebal 101 halaman itu berisi tentang tugas dan fungsi Banwaslu, termasuk sejarah dan esistensi Bawaslu Brebes dalam Pemilu lalu. Di dalamnya, juga mengupas menyangkut tugas Bawaslu Brebes selama Pemilu, mulai dari pengawasan, penindakan, penyelesaian sengketa hingga penyelesaian pelanggaran administrasi. “Hari ini, kami luncurkan buku ini dan sekaligus kami bedah bersama mahasiswa yang sengaja kami undang,” ujarnya.

Menurut dia, ditertibkannya buku tersebut dilatarbelakangi karena sebelumnya menyangkut kepemiluan di Brebes khusunya belum pernah tercatat. Sehingga, pihaknya mencoba melakukan trobosan dengan menuangkan hasil-hasil pengawasan Pemilu ke dalam sebuah buku. Di sisi lain, pihaknya juga ingin menambah literasi, khususnya menyangkut Pemilu bagi masyarakat Brebes. “Kami sebenarnya juga sudah mengagendakan penerbitan buku ini, tujuannya untuk menambah literasi,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kondisi Bawaslu saat ini memang berbeda dengan lembaga pengawas Pemilu sebelumnya. Untuk saat ini, keberadaa Bawaslu juga mempunyai tugas dan fungsi mengajak masyarakat untuk menjadi pengawas pastisipatif pada Pemilu tahun 2024. “Meski kami saat ini tidak ada agenda pengawasan, bukan berarti kami tidak mempunyai tugas. Namun kami juga terus mengajak masyarakat agar bisa menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu mendatang,” pungkasnya.

(setiawan_red2)

BERITA LAINNYA