Take a fresh look at your lifestyle.

Batu Besar Tidak Boleh Ditambang, Dump Truk Dilarang Masuk

130

* Protes Penambangan Batu di Langkap
BUMIAYU– Protes warga terhadap aktivitas penambangan batu di Sungai Erang, Desa Langkap, Kecamatan Bumiayu, Brebes, berakhir damai.

Hal ini setelah pemerintah desa setempat mengumpulkan warga dan pemilik penambangan di lokasi penambangan, Dukuh Krajan, Jumat (26/7) siang. Disaksikan Forum Pimpinan Kecamatan Bumiayu, keduabelah pihak mencapai sejumlah kesepakatan bersama.

Kepala Desa Langkap Mustolih mengatakan protes warga terhadap aktivitas penambangan disampaikan ke pemerintah desa pada Kamis (25/7) siang. Protes disampaikan selain karena dianggap merusak lingkungan, aktivitas penambangan sudah mengenai lahan milik warga. Selain itu, warga juga melarang penggunaan alat kencling dan melarang dump truk masuk ke lokasi.”Menyusul protes itu, kami pertemukan warga dengan pihak penambang. Meski pada awalnya alot, alhamdulillah ada tiga kesepakatan yang berhasil dicapai kedua belah pihak,” ujarnya.

Tiga poin kesepakatan itu adalah, penandaan batas area penambangan. Kemudian, larangan menambang batu batu besar. Dan yang terakhir, pengangkutan material hasil tambang tidak boleh menggunakan dump truk.”Pihak penambang sudah menyetujui tiga poin kesepakatan itu,” katanya.

Langsung Diberlakukan

Menurut kades, ketiga kesepakatan yang dihasilkan tersebut langsung diberlakukan. Adapun pihaknya pihak yang melanggar akan dikenakan sanksi.”Sanksi hukum dan sosial,” katanya.

Kapolsek Bumiayu AKP Wawan Dwi Leksono meminta penambang dan warga mematuhi tiga kesepakatan yang dihasilkan.”Kesepakatan bersama itu harus dipatuhi oleh seluruh pihak,” tegas Kapolsek. Harapan senada juga disampaikan Camat Bumiayu Apriyanto Sudarmoko. Apalagi pihak yang memprotes dan penambang sama sama berasal dari satu desa.”Kesepakatan yang sudah dicapai agar dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata dia.

Salah seorang warga Jariah (50) mengaku memprotes penambangan karena mengancam lahan miliknya. Dia khawatir, jika batu batu besar ditambang, tanahnya akan longsor dan habis diterjang banjir.”Tapi sekarang sudah ada batas batas mana yang boleh ditambang dan mana yang tidak,” kata dia.(Teguh Tribowo/ red38)

BERITA LAINNYA