Take a fresh look at your lifestyle.

Batik dan Kain Goyor Tegal Melaju ke Pentas Indonesia Hijab Walk

73

TEGAL – Batik khas Tegal dan kain tenun goyor resmi mengikuti event nasional Indonesia Hijab Walk (IHW). Keputusan tersebut diambil, setelah Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi baru-baru ini.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Dekranas Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa, Wakil Ketua Dekranas, Dyah Probondari, Ketua Harian, Heru Setyawan serta perwakilan Ketua-Ketua Bidang.

Keikutsertaan Dekranas dalam event IHW, bekerjasama dengan Fesyen Desainer Kota Bandung yang merupakan putra daerah Tegal, Ratna Murti Dewi. Nantinya, dalam event berskala nasional tersebut Dekranas akan mengusung brand ‘Bellahasura’.

Karya desain Bellahasura, mengutamakan bahan tradisional untuk fesyen muslim maupun patchwork dengan mengombinasikan potongan kain berbagai motif. IHW sendiri, nantinya akan berlangsung di Convention Center Trans Luxury Hotel, Bandung, pada 13-14 Maret 2021.

Oleh Bellahasura, momentum tersebut akan dimanfaatkan untuk mengangkat kain tenun goyor dan batik khas Tegal ke pentas nasional. Sebab, batik tidak hanya untuk kain atau baju biasa dan goyor tidak hanya untuk sarung, melainkan bisa didesain menjadi busana adikarya.

“Saya concern pada tanah kelahiran saya. Karena sudah saatnya mengangkat batik dan goyor naik kelas,”  ungkap Ratna Murti melalui sambungan telepon.

Sementara, Ketua Dekranas, Bella menyatakan siap mendukung event tersebut dan mempekenalkan batik serta kain goyor dari Tegal ke kancah nasional hingga internasional. Termasuk pula mempromosikan Batik Tegalan yang tak kalah apik dengan batik dari daerah lain.

Hal senada disampaikan Heru Setyawan selaku Ketua Harian Dekranas yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal. Pihanya berharap, sejumlah dinas terkait dapat ikut mendukung keikutsertaan Dekranas dalam mempromosikan produk kerajinan khas Tegal.

“Langkah awal ini wajib didukung dinas terkait dan instansi lain sesuai peran masing-masing dalam kepengurusan Dekranas, mulai dari persiapan hingga gelaran event nantinya,” harap Heru.

Wakil Ketua Dekranas, Dyah Probondari menambahkan, bahwa keikutsertaan Dekranas dalam event IHW tidak semata-mata memberikan manfaat kepada para perajin batik dan goyor saja.  Sebab, nantinya diharapkan banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan dapat datang langsung ke Kota Tegal. (*)

BERITA LAINNYA