Take a fresh look at your lifestyle.

Batang Perbaiki Jalan Menuju ke Dieng

191

BATANG – Kabupaten Batang berbenah menyambut Dieng Culture Festival (DCF) yang akan berlangsung di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara (Jumat (2/8) Minggu (4/8) Agustus 2019. Bagi pengunjung dari Pantura diharapkan bisa menuju ke lokasi melalui Kabupaten Batang.

“DCF itu agenda wisata tahunan bagi wisatawan dari pantura khususnya Jakata akses bisa lewat Batang ke luar dari tol selanjutnya melewati Bandar-Gerlang-Batur. Untuk mendukung Festival Budaya Dieng itu kami sudah perbaiki jalan Bandar – Gerlang 95 persen sudah baik, dengan cor semen” kata Bupati Batang, Wihaji, saat inspeksi mendadak ruas Jalan Bandar- Dieng dan Bawang- Dieng, kemarin sore.

Perbaikan ruas jalan itu, kata dia, untuk memudahkan warga maupun wisatawan samai ke Dieng maupun ke Banjarnegara. Karena jalannya sudah mulus. “Selain lewat Bandar-Gerlang juga aa jalan lain. Yaitu, Bawang-Dieng, yang kurang lebih tinggal 2.000 meter selesai,”ujar dia didampingi Kabag Humas Triossy Juniarto.

Wihaji menuturkan, embangunan Infrastruktur jalan merupakan sarana yang sangat fital dan memiliki multi player efek untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga bagi masyarakat yang akan berwisata ke Dieng maupun ke Batang akan lebih cepat dan nyaman melewati jalan mulus. “Ruas jalur Bandar-Gerlang-Dieng maupun Dari Bawang- Dieng merupakan jalan wisata yang terintregrasi dengan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Sama-sama memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hamparan tanaman kentang dan hutan lindung, seperti berada di negeri atas awan ketinggian sampai 2.000 meter dengan latar belakang Gunung Prau,” terangnya.

Program itu, lanjut dia, merupakan program Pemprov Jateng untuk bekerjasama dan sinergi bidang pariwisata. Karena di dua jalur wisata sudah tumbuh destinasi wisata baru jalur Bandar-Gerlang-Dieng ada Wana wisata Si Kembang, Forest Kopi. Sedangkan di Bawang-Dieng ada Wanawisata Si Gembok dan Damar Asri. ”Di ke dua jalur it juga menyuguhkan kuliner dan wahana permainan pemandangan alamnya yang indah. Pemkab akan mencoba komunikasi denga Perum Perhutani, agar memanfaatkan hutan pinus maupun damar dimanfaatkan sebagian sebagai rest area,” sambungnya.

Kasi Pemeliharaan dan Pengawasan, Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Batang, Endro Suryono menjelaskan, pengecoran jalan sudah dilaksanakan dari Desa Bintoro Mulyo menuju Rejosari Desa Pranten yang langsung menuju ke Dieng sejak Senin (20/5) lalu.“Pemkab fokus untuk membangun akses pendidikan, perekonomian serta kesehatan melalui perbaikan jalan. Untuk tahap pertama, ada 2,8 kilometer yang kini progresnya sudah 15 persen. Adapun pembangunan jalan tembus Dieng dari Kecamatan Bawang ini, Pemkab menganggarkan Rp 6,7 Miliar lebih. Pembangunan itu merupakan pembangunan lanjutan dimana sebelumnya jalan beton sudah dilakukan sepanjang 6,8 kilomete,” terangnya.

(Arif/ red38)

BERITA LAINNYA