Take a fresh look at your lifestyle.

Baru Diresmikan, Langsung Diserbu Mahasiswa

* Lab Komputer Moderen UPS Tegal

172

TEGAL – Pemandangan menarik terjadi di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Kamis (13/2). Itu terjadi ketika laboratorium (Lab) komputer moderen yang baru diresmikan, langsung diserbu ratusan mahasiswa.

Itu karena mereka sempat dibuat penasaran, berkait dengan kecanggihan teknologi yang disandingkan di tiap unit komputer di laboratorium terpadu tersebut.

”Ya penasaran saja. Katanya akses kecepatan download dan upload-nya cukup kencang. Ini kan luar biasa. Kami mahasiswa sangat membutuhkan fasilitas seperti ini,” ucap salah seorang mahasiswi perguruan tinggi itu, Yuni Arwindi.

Mahasiswa lainnya, tak hanya penasaran dengan akses kecepatan komputer di laboratorium terpadu tersebut. Tapi ruangan yang lapang, nyaman, tenang dan sejuk, dinilainya sangat menunjang.

AKSES INTERNET : Pengurus YPP, Wakil Rektor, Dosen, karyawan dan staf saat menjajal kecepatan akses internet di Laboratorium Komputer yang baru diresmikan, Kamis (13/2).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Melihat tingginya minat mahasiswa yang penasaran dengan fasilitas komputer baru itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT) Sistem Informasi dan Komputer perguruan tinggi tersebut, Priyo Haryoko SIPus, pun tak kuasa menahannya.

Dia hanya mengingatkan mahasiswa untuk tertib. Karena fasilitas baru dan moderen itu baru saja diresmikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Drs Dulrachman.

”Silakan mencoba sebentar kalau penasaran. Untuk tahap awal cukup 15 menit saja. Karena nanti, untuk penggunaan komputer di laboratorium ini, akan ada teknis pengaturannya,” ucap Priyo Haryoko.

Mencoba Bergiliran

Mahasiswa yang ingin mencoba fasilitas baru itu pun, bergiliran sebanyak 80 mahasiswa untuk waktu 15 menit.

Karena di lab tersebut terdapat 100 unit komputer baru dengan layar ramping 20 Inchi. Sisanya sebanyak 20 unit, digunakan para dosen dan staf satuan kerja lainnya yang turut menjajal komputer baru, hari itu.

Kepada Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH dan pengurus yayasan lainnya, Wakil Rektor (WR) I Dr Suyono MPi, WR II Dr Moch Khamim SH MH dan WR III Dr Fajar Ari Sudewo SH MH dan jajaran dosen lainnya, Priyo menjelaskan teknologi terbaru SSD yang disandingkan di tiap unit komputer di lab-nya.

Teknologi SSD adalah Solid State Drive (SSD) yang merupakan hardware racikan pabrikan elektronik terbesar, Toshiba Jepang. Perangkat tersebut cukup besar untuk sebuah penyimpanan sebuah big data.

Di komputer pada umumnya, masih kerap menggunakan hard disk. Tapi dengan mengusung teknologi itu, data komputer akan terintegrasi secara terus-menerus.

Untuk mendukungnya, kata dia, di lab baru itu, komputernya dipersenjatai dengan tenaga Processor Core i5.

Prosesor tersebut cukup canggih dalam operasinya. Apalagi didukung kecepatan 3,70 GHz, dan RAM 4 GB di tiap unit komputernya, yang berjumlah 100 unit di lab tersebut.

Alhasil, proses download maupun upload saat akses internet, berlarinya cukup kencang. Bahkan lebih dari cukup untuk kebutuhan akses literasi di sebuah perguruan tinggi terbesar di Pantura Barat tersebut.

Kecanggihan Fasilitas

Sementara itu, sejumlah pejabat Pemkot dan Pemkab Tegal, juga dari daerah lain di Karesidenan Pekalongan yang hadir dalam peresmian lab komputer moderen tersebut, tertarik dengan kecanggihan fasilitas yang disajikan.

Rata-rata, mereka tertarik untuk menggunakannya dalam tes CPNS, yang membutuhkan kecepatan akses data tanpa adanya gangguan.

Untuk tindaklanjutnya, mereka akan berkonsultasi dengan kepala daerah masing-masing agar secepatnya dapat memanfaatkan fasilitas moderen tersebut.

Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH mengatakan, untuk mewujudkan lab komputer terpadu dengan fasilitas moderen itu, memang butuh dana tidak sedikit yang dikucurkan.

Tak hanya itu. Pihaknya juga perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang benar-benar berkualitas, mahir dan terampil menguasai teknologi informasi.

”Karena itulah, selama bertahun-tahun menunggu, akhirnya kami hari ini mampu memberikan fasilitas yang sangat menunjang untuk proses perkuliahan dan peningkatan kualitas dari mahasiswa kami. Mudah-mudahan, keberadaan lab ini dapat benar-benar memberikan nilai tambah untuk semuanya,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA