Take a fresh look at your lifestyle.

Baru Dibangun, Jalan Padasari Nyiris Putus

143

JATINEGARA – Jalan masuk Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, terancam putus seiring gerusan aliran Sungai Padasari selama musim hujan. Hingga kini, jalan beton yang baru dibangun beberapa waktu lalu itu, nyaris ambruk. Diharapkan, mendesak dilakukan penanganan cepat agar warga desa itu tidak terisolir.

“Kondisinya semakin mengkhawatirkan, karena tebing jalan terus mengikis. Jalan beton yang baru dibangun sudah nyaris ambruk,” kata Kapala Desa (Kades) Padasari, Mashur saat dihubungi, Selasa (25/2).

Dikatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengecek lokasi tebing longsor di Jalan Padasari. Dalam waktu dekat, BNPB akan menurunkan alat berat untuk mengeruk sungai yang menggerus tebing jalan. Penggerukan sungai itu dinilai akan mengurangi risiko tebing terus longsor.

“Setelah dikeruk seharusnya dibronjong, sehingga jalan beton tidak ikut longsor,” ujarnya.

Menurut dia, jalan utama menuju Desa Padasari masih tetap digunakan masyarakat untuk aktivitas. Namun, warga dihimbau tetap berhati-hati. Kondisi itu mengingat jalan tersebut satu-satunya akses keluar masuk desa. Jika tidak segera ditangani, maka aktivitas warga lumpuh total.

“Tidak ada jalan lagi selain jalan ini. Jika jalan putus, maka 5 ribu warga akan terisolir,” terangnya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA